Siklon Seroja Hantam Sejumlah Wilayah di NTT, Korban Terbanyak di Adonara

- 5 April 2021, 12:59 WIB
Seorang warga menyaksikan banjir bandang yang merusak permukiman di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu (4/4/2021).
Seorang warga menyaksikan banjir bandang yang merusak permukiman di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu (4/4/2021). /HUMAS BNPB/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS – Suka cita Paskah diwarnai bencana siklon seroja yang menimpa sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur dengan cakupan yang luas di empat kabupaten yakni Flores Timur, Lembata, Malaka, dan Sumba Timur.

Siklon seroja adalah sebuah siklon tropis yang yang terbentuk di selatan Nusa Tenggara Timur pada 5 April 2021 pukul 02.00 Wita yang menyebabkan angin kencang, banjir, dan tanah longsor di beberapa wilayah.

Siklon seroja memporakporandakan rumah, perahu, harta benda, dan banyak korban merupakan bencana pertama jenis ini yang tercatat dan muncul mencapai daratan sejak Indonesia merdeka.

Baca Juga: Bencana Pertama dalam Sejarah Pulau Adonara, Warga Sulit Selamatkan Diri

Baca Juga: Simulasi Siaga Bencana Perlu Dilakukan Berkala di Sekolah, Kata BNPB

“Keluarga saya juga jadi korban,” kata Muhammad Korebima, salah satu anggota Indonesia Social Justice Network (ISJN) asal NTT, melalui keterangan resmi yang diterima Indobalinews, Senin, 5 April 2021.

Febro, anggota ISJN lainnya yang berbasis di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengau Utara mengatakan pasokan listrik terganggu, jalanan trans Timor masih mengalami longsor dan pohon tumbang di beberapa titik.

Baca Juga: Bantu Korban Banjir, Sabana Sumba Galang Bantuan

Baca Juga: Evakuasi Korban Banjir, Kapolsek Gendong Emak-Emak

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Indonesia Social Justice Network


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x