BI Prediksi Perdagangan Elektronik Tumbuh 33 Persen

- 5 April 2021, 10:26 WIB
Warga melakukan transaksi pembayaran berbasis digital dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) saat peresmian digitalisasi Pasar Banyuasri di Buleleng, Bali, Selasa (30/3/2021).
Warga melakukan transaksi pembayaran berbasis digital dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) saat peresmian digitalisasi Pasar Banyuasri di Buleleng, Bali, Selasa (30/3/2021). /FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS - Bank Indonesia memprediksikan transaksi e-commerce bakal tumbuh 33 persen atau naik dari Rp253 triliun menjadi Rp337 triliun dan uang elektronik akan meningkat dari Rp201 triliun pada 2020 ke Rp266 triliun atau tumbuh 32 persen pada 2021.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan digital banking juga naik dari Rp27.000 triliun pada 2020 menjadi Rp32.200 triliun atau tumbuh 19 persen tahun ini.

Perry mengungkapkan hal tersebut dalam pembukaan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) serta Peluncuran Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Jakarta, Senin, 5 April 2021.

Baca Juga: Geliat Pemulihan Ekonomi Pasca Pemerintah Gelontorkan Banpres Produktif Usaha Mikro

Baca Juga: Kepala Perwakilan BI Bali: Kesehatan Pulih, Ekonomi Akan Bangkit

Menurut Perry BI berkomitmen mendukung akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan Indonesia yang salah satunya dilakukan melalui digitalisasi di bidang sistem pembayaran.

Perry menyebutkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang merupakan bentuk inovasi digitalisasi sistem pembayaran telah mampu menjadi game changer di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat saat masa pandemi Covid-19.

Tahun ini BI meluncurkan inovasi digital melalui yakni fast payment yang bersifat 24/7 realtime untuk ritel payment menggantikan sistem kliring nasional.

Baca Juga: Ini 4 Usulan Bali Pulihkan Ekonomi, Ada Bantuan Modal Kerja

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x