Evakuasi KRI Nanggala 402 dari Kedalaman 838 Meter, TNI AL Dibantu Kapal SKK Migas dan AL China

- 30 April 2021, 20:30 WIB
Keluarga awak KRI Nanggala 402 melakukan Tabur Bunga dari geladak Helly KRI Dr Soeharso-990 di perairan utara pulau Bali, Bali, Jumat 30 April 2021.
Keluarga awak KRI Nanggala 402 melakukan Tabur Bunga dari geladak Helly KRI Dr Soeharso-990 di perairan utara pulau Bali, Bali, Jumat 30 April 2021. /ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

INDOBALINEWS – TNI Angkatan Laut terus berupaya melakukam evakuasi KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan utara Pulau Bali.

TNI AL melakukan penjajakan kerja sama dengan SKK Migas yang memiliki kapal dengan kemampuan mengangkat beban di kedalaman laut 1.000 meter.

Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono menegaskan akan terus berupaya mengevakuasi armada kapal selam yang berada di dasar laut dengan kedalaman 838 meter.

Baca Juga: Presiden Jokowi Temui Keluarga Awak KRI Nanggala 402, Negara Berikan Beasiswa Putra Putri Hingga Kuliah

"Tetap kami upayakan evakuasi. Di sebelah kita masih ada kapal MV Swift Rescue dan juga ada KRI Rigel-933 serta kapal TNI AL lainnya yang masih tetap memantau posisi KRI Nanggala," katanya seusai tabur bunga dari atas KRI dr. Soeharso di perairan laut utara Pulau Bali, Jumat 30 April 2021.

Menurut Yudo upaya evakuasi KRI Nanggala ditunjukkan dengan tetap menyiagakan KRI termasuk kapal luar negeri (Singapura) kapal penyelamat MV Swift Rescue di sekitar lokasi kejadian.

Ia juga mengatakan posisi KRI Nanggala 402 yang tenggelam sejak Rabu 21 April 2021 tidak bergeser dari tempat semula seperti saat ditemukannya kapal selam tersebut.

Baca Juga: 53 Awak KRI Nanggala 402 Gugur, Negara Akan Berikan Bintang Jasa Jalasena dan Kenaikan Pangkat

"Sampai saat ini (posisi kapal selam) tidak bergerak atau tetap. Kami juga sudah kerja sama dengan SKK Migas, kapalnya memiliki kemampuan mengangkat beban di kedalaman laut 1.000 meter," ujarnya.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x