Rakyat Sudah Capek, Dr Tirta Minta Jangan Lagi Menakut Nakuti soal Covid-19

- 31 Mei 2021, 07:07 WIB
dr Tirta Mandira Hudhi.*
dr Tirta Mandira Hudhi.* /Tirta Mandira Hudhi/Instagram @dr.tirta

INDOBALINEWS - Pandemi Covid-19 yang belum berakhir jangan dijadikan alasan oleh siapapun termasuk pemerintah untuk menakut-nakuti masyarakat agar tinggal di rumah karena mereka sejatinya sudah capek dengan situasi yang ada.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya guna menekan angka laju penyebaran Covid-19 di Tanah Air. Di samping mengingatkan masyarakat terkait 3T, pemerintah juga gencar melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Meski demkian, ternyata mutasi dari wabah Covid-19 terus bermutasi, menyebar, dan menyerang masyarakat.

Baca Juga: Magawati Peringatkan Kader yang Menolak Menjadi Petugas Partai Harus Mengundurkan Diri

Kemudian, adanya mutasi virus corona Covid-19 yang beberapa waktu lalu disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin dianggap hiperbola.

Atas kondisi tersebut, Dokter Tirta mengatakan, sudah tidak mempan lagi jika Menkes Budi Gunadi Sadikin terus menyebar hal dengan unsur menakut-nakuti rakyat agar tetap berdiam di rumah.

Buktinya, ketika India mengalami tsunami Covid-19, rakyat Indonesia tidak gentar dan tetap pergi berlibur untuk menghilangkan rasa bosan dibelenggu pandemi.

Baca Juga: Dituduh Gelapkan Donasi Palestina, Ustaz Adi Hidayat Siapkan Langkah Hukum

“Mau rakyat sekarang di takut-takuti nanti kayak India atau apapun itu, Ancol itu tetep ramai, bos ada video kremasi viral aja tetep gas ke pantai,” katanya dikutip dari pikiran-rakyat.com.

Dokter Tirta juga mengungkapkan, tindakan saling menyalahkan yang kerap kali terjadi antara rakyat dan pemerintah itu tidak ada gunanya.

“Kalau kita menyalahkan rakyat susah, karena kita gak tahu mana yang kena mana yang enggak, dan rakyat kita udah capek!” ucapnya, sebagaimana kutipan dari kanal YouTube Tirta PengPengPeng, yang diunggah pada 30 Mei 2021.

Baca Juga: Ada Pegawai KPK 16 Tahun Mengabdi hingga Mengajar Lemhanas Tidak Lulus TWK, Tokoh Papua: Ini Sangat Aneh

Hingga detik ini masih dilanda pandemi Covid-19, termasuk Indonesia yang masih bergelut dengan virus mematikan itu.

Karenanya, dr. Tirta menegaskan bahwa seharusnya tujuan Menkes Budi Gunadi Sadikin menguak informasi mutasi Covid-19 adalah untuk melaporkan, bukan malah menakut-nakuti masyarakat.

“Harusnya kita tahu bahwa Covid-19 dari dulu tuh enggak akan kelar-kelar, dan kita didistraksi oleh informasi simpang siur. Cuma impact-nya (dampak) di media itu berlebihan, tujuan Pak Menteri untuk melaporkan progress terkini Covid di Indonesia,” katanya mengingatkan.

Baca Juga: Pascaberedar Video Dangdutan Halal bi Halal PDIP, Bupati Etik Suryani Copot Camat Sukoharjo

Dari pada sibuk saling menyalahkan dr. Tirta meminta masyarakat untuk tetap saling mengingatkan terkait aturan protokol kesehatan.

“Solusi satu-satunya sebagai warga saling mengingatkan, berhenti menyalahkan. Karena gak selesai bos kalau kita menyalahkan satu sama lain,” serunya.

Untuk informasi terkait banyak mutasi virus Covid-19 yang sudah berkelana di Indonesia, dr. Tirta menyarankan masyarakat untuk tenang dan tidak panik.

“Saran saya buat rakyat gak usah panik. Ngarep opo? Emang panik menyelesaikan masalah? Enggak!” tutupnya.*** (Ayu Nur Anjani)

 

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x