Jubir Satgas Penanganan Covid-19: Vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm Terbaik dan Aman Digunakan

- 17 Juni 2021, 10:46 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm baik dan aman digunakan.
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm baik dan aman digunakan. /Biro Pers Setpres

INDOBALINEWS – Tiga jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia merupakan yang terbaik, aman, dan telah mendapatkan izin resmi.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengimbau seluruh masyarakat di Indonesia tidak ragu dan pilih-pilih terhadap vaksin Covid-19 yang tersedia.

Ia menyebut vaksin seperti Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm yang digunakan di Indonesia telah memperoleh izin pemakaian dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Kajian Efektivitas Vaksin Sinovac: 98% Efektif Cegah Risiko Kematian Akibat Covid-19

"Ketiga jenis vaksin tersebut telah mendapatkan izin pemakaian dari WHO. Maka dari itu, kita tidak perlu ragu lagi dengan vaksin yang sudah ada. Karena vaksin yang terbaik merupakan vaksin yang tersedia," katanya dikutip dari PMJNews, 17 juni 2021.

Menurut Reisa pemerintah menjamin seluruh vaksin yang disediakan dan diberikan kepada masyarakat merupakan vaksin yang bermutu, aman, dan berkhasiat.

Hal tersebut sesuai dengan studi terkini yang menyebutkan vaksin Sinovac dan AstraZeneca mampu dan efektif dalam mengurangi angka penyebaran Covid-19 serta mengurangi fatalitas jika terpapar virus mematikan tersebut.

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Jakarta dan Kudus, Ini Perbedaan Covid-19 Alpha, Beta, dan Delta

Reisa mengatakan ketiga vaksin tersebut mampu melindungi diri dari kemungkinan komplikasi jika memang terpapar Covid-19. Tetapi, vaksin tetap tidak bisa seutuhnya membebaskan individu dari bahaya penularan virus Covid-19, terlebih jika individu tersebut belum sekalipun menerima vaksin.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x