Cek Fakta: Ramai Video TikTok Menarasikan Varian Omicron Sengaja Disebarkan

- 4 Maret 2022, 12:31 WIB
Tangkapan layar video TikTok yang menarasikan Varian Omicron sengaja disebarluaskan, Jumat 4 Maret 2022
Tangkapan layar video TikTok yang menarasikan Varian Omicron sengaja disebarluaskan, Jumat 4 Maret 2022 /kominfo


INDOBALINEWS – Media sosial sempat diramaikan dengan beredarnya video pendek yang menginformasikan bahwa Covid 19 varian Omicron sengaja disebar luaskan melalui chemtrail, Kamis 3 Maret 2022.

Dalam video yang dibagikan melalui aplikasi TikTok berdurasi 9 detik itu, bernarasikan varian Omicron sengaja disebarkan melalui chemtrail. Video itu memuat tiga foto berbeda.

Pertama, menunjukkan produk berbungkus plastik bertuliskan Omikron.
Kedua, foto sebuah pesawat yang berisi penuh dengan tabung dan foto ketiga adalah seorang pilot yang memegang stiker dengan hashtag: #TeamChemtrail.

 

Baca Juga: Unggah Foto Sedih Bercaption Jangan Panggil Aku King di Instagramnya, Nassar Bikin Netizen Cemas dan Penasaran

 

Berdasarkan penelusuran Kominfo, faktanya menunjukkan bahwa tiga foto yang dikolase dalam video itu tidak berkaitan satu sama lain, juga tidak berkaitan dengan munculnya varian Omicron.

Nama Omikron dalam foto tersebut adalah nama merek perusahaan di Italia yang memproduksi material untuk plastik, produk otomotif dan lain-lain.

Foto yang memperlihatkan tabung-tabung dalam badan pesawat ini, diambil dari foto karya fotografer Raimund Stehmann yang diambil pada 18 Oktober 2006.

 

Halaman:

Editor: Yulius Ndakadjawal

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x