KNPRBBK XV Tegaskan Pentingnya Peranan Perempuan dalam Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas

- 2 Oktober 2022, 13:06 WIB
Webinar jelang KNPRBBK XV Sabtu 1 OKtober 2022.
Webinar jelang KNPRBBK XV Sabtu 1 OKtober 2022. /Dok Rangga

INDOBALINEWS - Menyambut acara puncak rangkaian pelaksanaannya pada 3-7 Oktober mendatang, Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (KNPRBBK) XV mencatat sejarah baru dalam mendorong kepemimpinan perempuan dalam membangun ketangguhan bencana di tingkat lokal.

"KNPRBBK tahun ini menempatkan perempuan dalam peran-peran strategis, seperti di ranah substansi sebagai Ketua Panitia Pengarah dan ranah operasional sebagai Ketua Panitia Pelaksana," ujar Indira Hapsari, Ketua Panitia Pelaksana KNPRBBK XV saat menjadi nara sumber Webinar KNPRBBK Sabtu 1 Oktober 2022.

Lebih lanjut dikatakannya juga KNPRBBK menghadirkan para aktor perempuan lokal sebagai narasumber untuk berbagi praktik-praktik baik.

Baca Juga: Pasca Tragedi Kerusuhan Sepak Bola di Malang: Manajemen Arema FC Buka Crisis Center

Hal ini, jelasnya, menjadi pencapaian penting yang turut menegaskan adanya ruang strategis bagi perempuan dalam gerakan pengelolaan risiko bencana berbasis-komunitas di Indonesia, juga peranan mereka dalam menentukan arah gerakan ke depannya.

KNPRBBK XV terlaksana dengan Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) sebagai inisiator, dan para mitra utama.

Yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Program SIAP SIAGA (Kemitraan Australia-Indonesia untuk Kesiapsiagaan Bencana), serta lebih dari 100 lembaga pendukung lainnya.

Baca Juga: Liga 1: Bali United Kalah Beruntun, Ini Penjelasan Coach Teco

Tahun ini, KNPRBBK XV mengangkat tema "Penguatan Kolaborasi Multi Pihak dalam Pengembangan Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas sebagai Kunci Menuju Resiliensi Berkelanjutan dan Berkeadilan."

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x