Selama 2023, 3.000 Lebih Kejadian Bencana di Indonesia

- 10 Oktober 2023, 12:25 WIB
Ilustrasi bencana di Indonesia.
Ilustrasi bencana di Indonesia. /Tangkapan layar Youtube Santri Mdua

INDOBALINEWS - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S. Sos., M.M. mengatakan sudah 3.000 lebih kejadian bencana di Indonesia. Dikatakannya 

Dikatakannya Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat risiko bencana paling tinggi di dunia. "Segala jenis bencana di dunia ada di Indonesia meskipun skalanya berbeda. Perhari ini bencana yang terjadi di Indonesia sudah 3.089 kali,” kata Suharyanto saat menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Bencana Kekeringan di Wilayah Provinsi Jawa Timur serta Antisipasi Bencana Hidrometeorologi di Kantor BPSDM Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur pada Senin 9 Oktober 2023.

Pada kesempatan ini Suharyanto menjelaskan kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama tahun 2023. “Indonesia merupakan salah satu tingkat risiko bencana paling tinggi di dunia, segala jenis bencana di dunia ada di Indonesia meskipun skalanya berbeda. Perhari ini bencana yang terjadi di Indonesia sudah 3.089 kali,” kata Suharyanto dalam pernyataan resminya yang dikutip Selasa 10 Oktober 2023.

Baca Juga: Stop Dilarang Terbangkan Drone dan Layang-layang di Bali, Ada KTT AIS Forum

Selanjutnya dirinya membicarakan perkembangan penanganan bencana di Jawa Timur. Dijelaskannya sejak tahun 2020 sampai 2022, Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan sebesar 60%.

“Dulu enggak pernah namanya gunung itu terbakar, sekarang mulai Gunung Arjuno, Gunung Bromo dan sekarang Gunung Lawu sudah mulai padam oleh Heli Waterbombing yang mengarah ke Ngawi,” sambungnya.

Kemudian karhutla di Gunung Bromo menjadi catatan penting bagi kita, akibat kelalaian dan akibat kekurang pahaman, menjadikan kerugian cukup besar.

Baca Juga: Pawai Pebalap dan Upacara Pembukaan: Highlights Awal Indonesian GP 2023 di NTB, Putri Ariani Bakal Tampil

Penanganan bencana erupsi gunung semeru yang terjadi beberapa waktu lalu diharapkan menjadi pembelajaran.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x