Penyelundupan Sabu ke Indonesia Lebih Banyak Lewat Jalur Laut

- 24 Oktober 2023, 16:27 WIB
Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen Pol Prof Petrus R. Golose (kiri) saat jumpa pers acara Honlap di Kuta Bali Selasa 24 Oktober 2023.
Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen Pol Prof Petrus R. Golose (kiri) saat jumpa pers acara Honlap di Kuta Bali Selasa 24 Oktober 2023. /Dok Dafi

 

 

INDOBALINEWS - Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen Pol Prof Petrus R. Golose mengatakan bahwa penyelundupan sabu rata-rata menggunakan jalur laut untuk masuk ke Indonesia.  Berbeda dengan narkotika jenis mariyuana atau ganja yang banyak diproduksi di dalam negeri sendiri.

"Pintu masuk untuk metamfetamin, rata-rata lewat laut tapi kalau yang lain seperti mariyuana itu produk dalam negeri. Banyak yang berasal dari kita dan kita tahun ini sudah melaksanakan delapan kali pemusnahan ladang ganja dengan menyita berton-ton dan kita musnahkan," ujar Komjen Pol Petrus Golose dalam jumpa pers Honlap di Kuta Selasa 24 Oktober 2023.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa narkotika jenis sabu masih banyak masuk ke Indonesia lewat jalur laut dan hingga Bulan September 2023 sudah ada 5,5 ton sabu disita oleh aparat hukum.

Baca Juga: 'GeDebog' atau Batang Pisang Ternyata Terkenal di Amerika Serikat! Ini alasannya

Komjen Petrus mengatakan, permasalahan yang paling menonjol di kawasan South is Asia atau Asia Selatan adalah narkotika metamfetamin atau jenis sabu dan banyak diselundupkan ke Indonesia.

"Paling menonjol di South is Asia adalah metamfetamin atau sabu, di Indonesia sampai dengan September ini, kita menyita lebih dari 5,5 ton total oleh aparat penegak hukum. Ini indikasi betapa banyaknya yang masuk ke Indonesia, betapa negara kita harus melindungi warganya," kata dia, saat konferensi pers The 45th Meeting of Heads of National Drug Law Enforcement Agencies, Asia and the Pacific (Honlap) di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa 24 Oktober 2023.

Baca Juga: Si Kecil Demam? Jangan Panik, Lakukan 5 Cara Cepat Turunkan Demam

 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x