Greenpeace Prediksi Jakarta Akan Tenggelam di 2030

- 3 November 2023, 09:31 WIB
Ilustrasi Jakarta banjir.
Ilustrasi Jakarta banjir. /ANTARA

 

INDOBALINEWS – Kenaikan suhu global yang terjadi menjadi salah satu penyebab tingginya permukaan air laut. Ada banyak kekhawatiran yang timbul akibat hal tersebut, salah satunya adalah kemungkinan Jakarta akan tenggelam. Namun, apakah benar 10 tahun lagi Jakarta bakal tenggelam? Simak penjelasannya. 

Greenpeace

Greenpeace adalah organisasi non-pemerintahan yang berfokus pada lingkungan. Organisasi ini sudah berjalan dari 1971 hingga sekarang dan memiliki pendukung di seluruh dunia. Bersama dengan para ahli, Greenpeace memberikan fakta-fakta lingkungan supaya masyarakat bisa sadar dan ikut bergerak untuk kelestarian dunia.

Dari data dan fakta yang sudah dikumpulkan oleh Greenpeace, salah satu yang disoroti adalah Jakarta dan enam kota besar lain di Asia Tenggara yang diprediksi bakal tenggelam pada 2030.

Baca Juga: 2 Koalisi Peserta Pemilu 2024 Berebut Khofifah untuk Dulang Suara Jatim, Pengamat: Ini 2 Alasannya

1. Peningkatan Rata-Rata Permukaan Laut Global

Salah satu faktor utama yang mengancam Jakarta adalah kenaikan permukaan laut yang disebabkan oleh perubahan iklim. Menurut penelitian, tingkat rata-rata permukaan laut global telah meningkat sekitar 1,6 hingga 1,9 milimeter per tahun selama abad ke-20. Adapun, sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia.

Walhasil, kenaikan permukaan laut ini menyebabkan Jakarta semakin rentan terhadap banjir akibat gelombang badai dan pasang surut tinggi.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: greenpeace.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x