Kemenkes Sebut Kasus Cacar Monyet Capai 35 Orang, Budi Sadikin: 'Penularan Lewat Seksual'

- 10 November 2023, 10:20 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin seusai membuka event "1st International Health Conference" di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat 10 November 2023.
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin seusai membuka event "1st International Health Conference" di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat 10 November 2023. /Dok. Muamar.

 

 

INDOBALINEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut jumlah kasus cacar monyet atau Monkeypox di Indonesia sudah mencapai 35 orang yang tersebar di Banten, Jawa Barat (Bandung), dan Jakarta. 

"Cacar monyet ada 35 (kasus). Itu ada lima di Banten, dua di Bandung dan sisanya di Jakarta," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin seusai membuka "1st International Health Conference" di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat 10 November 2023.

Budi Gunadi menerangkan bahwa yang telah pemerintah lakukan yaitu mempromosikan atau mensosialisasikan agar masyarakat menjaga kesehatan dengan baik. Sebab, menurut dia, penyakit cacar monyet dapat menular lewat hubungan seksual.

Baca Juga: Pasukan AS Mendapat Kecaman di Timur Tengah Ketika Konflik Israel-Palestina Semakin Memanas

"Itu kan terjadinya di kelompok-kelompok tertentu saja dan penularannya lewat seksual. Jadi tidak usah terlalu khawatir bahwa ini menyebar seperti Covid-19, karena pastinya terbatas penularnya," imbuhnya.

"Kita ngajarin ke masyarakat agar baik perilaku (seksual) kesehatannya dengan dilakukan dengan baik dan benar," lanjutnya.

Baca Juga: Transfer Liga 1: Barito Putera Pagari Murilo Mendes dengan Kontrak Jangka Panjang

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x