Jendral Ahmad Yani, Sosok Jendral Kesayangan Presiden Soekarno

- 30 September 2020, 19:13 WIB
Ahmad Yani/ dok. RRI
Ahmad Yani/ dok. RRI /

INDOBALINEWS – Tujuh perwira TNI dibunuh secara keji dalam Peristiwa Gerakan 30 September/PKI atau G30S/PKI salah satunya Jendral Ahmad Yani.

Pembunuhan keji itu didasari atas tuduhan terhadap ketujuh perwira TNI tersebut yang akan melakukan makar terhadap Presiden Pertama RI Soekarno, melalui Dewan Jenderal.

Baca Juga: Tantangan TMMD Kodam IX/Udayana di Tengah Pandemi

Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani sendiri, merupakan salah satu pahlawan revolusi dan nasional Indonesia. Namun, siapa yang menyangka jika dirinya menjadi sosok yang sangat dekat dengan Presiden Soekarno , bahkan bisa dibilang kesayangan.

Pada masa itu, hanya sosok Yani yang bisa menentang kebijakan Sukarno mengenai PKI, secara lebih halus dan dapat diterima. Sebagai orang Jawa, Yani memperlakukan Soekarno sebagai seorang "bapak". Meski bertindak salah namun tidak boleh ditentang secara terbuka. Hal tersebut yang membuat Yani lebih mudah masuk menjadi bagian dari lingkungan Istana Sukarno.

Baca Juga: Dekranasda Bali Pamerkan Kerajinan di Bandara Ngurah Rai

Ahmad Yani lahir pada 19 Juni 1922 di Jenar, Purworejo. Ayahnya bernama Sarjo bin Suharyo dan ibunya, Murtini. Pada 1927, mereka merantau ke Bogor karena sang ayah bekerja untuk seorang jenderal Belanda. Pada masa kecilnya ia mengawali sekolah di HIS (setingkat SD) di Bogor dan selesai pada 1935.

Kemudian, ia melanjutkan sekolah ke MULO di Bogor dan lulus pada 1938. Selanjutnya masuk ke AMS di Jakarta, di AMS, Yani hanya bersekolah hingga kelas dua. Pada masa itu, di sana Yani harus mengikuti program wajib militer yang dicanangkan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pada akhirnya, ia mengikuti pendidikan militer pada Dinas Topografi Militer di Malang dan dilanjutkan di Bogor.

Baca Juga: Kepincut Cinta Palsu Polisi Gadungan, Wanita di Bali Kehilangan 285 Juta

Halaman:

Editor: Gede Apgandhi Pranata

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x