Sejumlah Lembaga Survei Tempatkan Anies Baswedan Potensial Calon Presiden 2024

- 24 Mei 2021, 20:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. /ANTARA/Abdu Faisal//

INDOBALINEWS - Hasil survei sejumlah lembaga menempatkan Anies Baswedan yang saat ini menjadi Gubernur DKI Jakarta pada posisi atas atau sosok calon potensial calon presiden pada Pemilu 2024.

Karenanya, Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution ikut menyoroti figur Anies Baswedan yang dinilai salah satu sosok potensial calon presiden (capres) 2024.

Dalam rilis disampaikan sejumlah lembaga survei, Anies Baswedan selalu masuk urutan 3 besar bersaing dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Bukan dari Timur Tengah, Kejayaan Islam di Dunia Justru akan Dipimpin Muslim Indonesia

Survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) misalnya, Anies Baswedan yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta menjadi sosok terkuat capres 2024.

Selanjutnya, survei Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Anies Baswedan berada di urutan ke-2 yang memimiliki elektabilitas tertinggi di bawah Prabowo Subianto.

Sama seperti LP3ES, pada hasil survei Litbang Kompas Anies Baswedan kembali membayangi Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu dalam figur capres 2024 potensial.

Baca Juga: Kementerian Kominfo Terbitkan Regulasi, Facebook hingga WhatsApp Wajib Berbagi Data Pribadi Pengguna

Selanjutnya, berdasarkan hasil survei Indonesian Political Opinion (IPO), Anies Baswedan meraih suara tertinggi dari responden sebagai figur potensial untuk kontestasi Pilpres 2024.

Unggahan di akun Twitter pribadinya, Senin, 24 Mei 2021, Syahrial Nasution mengakui tingkat elektabilitas dari Gubernur DKI Jakarta itu sebagai capres 2024.

Meski begitu, Politisi Partai Demokrat itu dalam analisisnya menyinggung soal peluang dari sosok Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga kader Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

Baca Juga: Konsolidasi PDIP Jelang Pemilu 2024 Tanpa Kehadiran Ganjar Pranowo Jadi Sorotan Publik

"Setuju, sebagai capres dengan elektabilitas tinggi versi survei nama @aniesbaswedan harus diperhitungkan," tulis Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat itu di akun Twitter-nya @syahrial_nst, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Namun dia, buru-buru menambahkan, jangan juga dosepelekan sosok wagub @arizapatria_, meskipun tokoh parpol.

Hanya kalau sampai harus jadi rebutan, masih perlu nunggu menit-menit akhirnya 2,5 tahun yang akan datang," Syahrial Nasution menambahkan.*** ( Dila Nashear )

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x