Debat Perdana Pilpres 2024, KPU Siapkan 3 Lokasi Nobar Antisipasi Konsentrasi Massa di Imam Bonjol

- 9 Desember 2023, 19:33 WIB
Ilustrasi Debat Pilpres 2024
Ilustrasi Debat Pilpres 2024 /PMJ News

 


INDOBALINEWS - Debat perdana Pilpres 2024 akan berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa 12 Desember 2023.

Untuk mencegah konsentrasi massa hanya di area Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta maka KPU berencana menyiapkan tiga titik lokasi nonton bareng (nobar) debat perdana calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh anggota KPU RI August Mellaz di Kantor KPU, bahwa lokasi tiga titik nobar masih dibicarakan.

Baca Juga: Seorang Pria Tewas Ditabrak Truk Sampah saat Menyebrang di Jalan By Pass Ngurah Rai Bali

"Terkait apakah ada titik nobar di beberapa tempat itu sedang kami bicarakan, memang sudah ada proyeksi di tiga titik," kata anggota KPU RI August Mellaz di Kantor KPU, Sabtu 9 Desember 2023.

August belum membeberkan lokasi pasti nobar. Namun dia menjelaskan bahwa tujuan nobar untuk mencegah konsentrasi massa hanya di area Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Dia juga mengatakan pada saat debat berlangsung, area Kantor KPU nantinya akan steril. KPU akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar debat perdana berjalan baik.

"Kami akan koordinasikan dengan pihak keamanan, termasuk nanti area parkir untuk tamu-tamu VIP," ujarnya dilansir dari Antara.

Baca Juga: Pemkab Lotim Sasar Buruh Tani, Diagendakan Masuk BPJS Ketenagakerjaan

Dia mengatakan tempat debat dengan model townhall di halaman KPU dapat menampung hingga 800 orang. Namun, setiap pasangan calon diizinkan membawa 75 orang, sehingga total 225 orang.

Sisanya untuk tamu undangan KPU, termasuk perwakilan dari kementerian, lembaga, duta besar, dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Polda Bali dan Sekretaris DPRD Bali Bersinergi Amankan Tahapan Pemilu

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024.

Baca Juga: Inspiratif! Ini Cerita Nucha Bachri dan Ario Pratomo Terapkan Self-Care di Shopee 12.12 Birthday

Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3). KPU siapkan lokasi "nobar" debat perdana Pilpres 2024

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x