Gibran Bicara Hilirisasi Industri Digital dalam Debat Capres. Apa Maksudnya?

- 2 Januari 2024, 15:05 WIB
BTS boy band K Pop. Salah satu contoh negara yang sukses soal hilirisasi  industri digital adalah Korsel dengan Drakor dan K Popnya, Gibran membahas isue besar hiirisasi industri digital.
BTS boy band K Pop. Salah satu contoh negara yang sukses soal hilirisasi industri digital adalah Korsel dengan Drakor dan K Popnya, Gibran membahas isue besar hiirisasi industri digital. /Instagram @netmediatama

INDOBALINEWS -  Salah satu isu besar yang disampaikan Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres beberapa waktu lalu adalah tentang hilirisasi industri digital. Apa sebenarnya yang dimaksud Gibran soal itu? 

Dewan Pakar Tim Nasional Kampanye (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko menjelaskan, hilirisasi industri digital adalah upaya softpower diplomacy industri digital yang diciptakan dengan bermodal jumlah suku, budaya, bahasa, dan ribuan cerita serta hikayat yang dapat dijadian konten.

Salah satu negara yang sukses menciptakan ini adalah Korea Selatan dengan K-Pop dan Drama Korea (Drakor) yang menceritakan sejarah Korea beserta kehidupannya.

Baca Juga: Waspada!! Ini Bahaya Perut Buncit pada Wanita, Kenali Cara Mengatasinya

Salah satu boy band K-Pop, yakni BTS bahkan telah menginjakkan kaki di Gedung Putih dan diterima Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Pertemuan Biden dengan BTS tersebut membahas upaya memerangi ujaran kebencian serta kejahatan terhadap etnis Asia. Mereka juga berdiskusi bagaimana BTS, sebagai grup musik terbesar di dunia, bisa membantu mewujudkan inklusi Asia.  

Baca Juga: Bursa Transfer Pemain: Chelsea Telikung Manchaster United dalam Perburuan Bek OGC Nice Jean Clair Todibo

Hal yang sama seharusnya bisa dilakukan Bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan alam yang luar biasa. Bahkan kekayaan tersebut sempat mencuri perhatian National Geographic untuk membuat ratusan dokumentasi film.

Ironisnya, semua itu masih dilakukan oleh sineas luar negeri. Sementara sineas lokal yang turut mendokumentasikannya harus berjuang sendirian tanpa dukungan pemerintah. “Inilah kenapa program hilirisasi itu penting,” kata Budiman. 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x