Waspada!! Ini Bahaya Perut Buncit pada Wanita, Kenali Cara Mengatasinya

- 2 Januari 2024, 14:18 WIB
Ilustrasi perut buncit
Ilustrasi perut buncit /freepik/muravev

INDOBALINEWS - Waspada!! Ini bahaya perut buncit pada wanita. Kenali cara mengatasi perut buncit.

Anda merasa memiliki perut yang buncit? Cara yang paling mudah untuk mengetahui perut Anda buncit atau tidak adalah dengan mengukur lingkar pinggang. 

Untuk orang Asia, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), perut terbilang buncit apabila ukuran lingkar pinggang di atas 80 cm pada wanita dan 90 cm pada pria.

Baca Juga: Tips Ringan dan Sederhana Cara Mengatasi Sakit Pinggang hanya Dari Rumah

Perut buncit dapat terjadi karena adanya penumpukan lemak viseral, yaitu lemak yang terdapat di dalam organ dalam perut. Lalu, apa saja bahaya perut buncit? Berikut ini beberapa penyakit yang berhubungan dengan perut buncit: 

1. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Penumpukan lemak pada perut buncit akan sangat membahayakan. Lemak jahat yang tersimpan itu dapat menyebar dan menyumbat pembuluh darah jantung. 
Selain itu, lemak jahat tersebut juga aktif memproduksi sel sitokin –seperti tumor necrosis factor dan interleukin 6– yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Bahaya perut buncit terhadap kesehatan jantung ini sering kali disepelekan, padahal sebenarnya memiliki hubungan yang sangat erat. Semakin besar ukuran lingkar perut Anda, semakin meningkat risiko Anda terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Baca Juga: Ini Penyebab Sakit Pinggang yang Sering Diremehkan dan Cara Menyembuhkannya

Halaman:

Editor: Yulius Ndakadjawal

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x