Kenapa Donor Plasma Covid-19 Bisa Selamatkan Nyawa Sesama di Tengah Pandemi, Ini Jawabnya

- 8 Februari 2021, 14:41 WIB
Seorang penyitas Covid-19 tengah melakukan kegiatan donor plasma konvalesen.
Seorang penyitas Covid-19 tengah melakukan kegiatan donor plasma konvalesen. /Dok Polda Bali

INDOBALINEWS - Terapi plasma darah adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara menggunakan plasma darah yang mengandung antibodi virus corona dari orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Plasma darah itu akan ditransfusikan ke pasien Covid-19. Diharapkan, antibodi yang terdapat dalam plasma darah tersebut dapat melawan virus yang ada di dalam tubuh pasien.

Dalam sebuah tudi dari rumah sakit Houston Methodist AS mendapati terapi plasma darah secara signifikan mengurangi angka kematian pada pasien Covid-19. 

Baca Juga: Simpan Sabu Dalam Plastik Pembalut Wanita Yang Diselipkan Dalam Bra, NA Terancam Penjara 5 Tahun

Disebutkan bahwa zat antibodi yang ada dalam plasma darah pasien COVID-19 yang telah sembuh turut membantu menetralisir virus yang ada dalam tubuh pasien COVID-19. Untuk itu, prosedur pengambilan plasma darahnya juga harus melalui kontrol yang ketat.

 

Dari beberapa studi diketahui bahwa penggunaan terapi plasma darah dapat meningkatkan kelangsungan hidup pasien. Pasien yang dirawat lebih awal dan mendapatkan plasma yang mengandung antibodi tingkat tinggi mendapatkan manfaat terbesar dalam metode pengobatan ini.

Baca Juga: Bahaya Unggah Selfie Kartu Vaksinasi Covid-19 di Medsos ! Simak Alasannya

 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x