Jika Terpaksa Berada di Kerumunan, Ini yang Seharusnya Dilakukan

- 14 Mei 2021, 22:18 WIB
Kerumunan pembeli terjadi di Pasar Kemiri Muka, Kota Depok, Jawa Barat.
Kerumunan pembeli terjadi di Pasar Kemiri Muka, Kota Depok, Jawa Barat. /Pikiran Rakyat Depok/Muhammad Faisal Akbar.

INDOBALINEWS – Protokol kesehatan telah mengharuskan kita melakukan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak minimal satu meter.

Tetapi, terkadang kita dihadapkan pada suatu keharusan berada di kerumunan untuk suatu kepentingan maupun alasan yang lain.

Guru besar paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Tjandra Yoga Aditama memberikan saran kepada mereka yang terpaksa berada di dalam kerumunan misalnya harus menyelesaikan urusan tertentu, terlebih di masa libur Lebaran saat ini demi terhindar dari Covid-19.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Organ Intim Wanita Seusai Berhubungan Seks

"Tetaplah dijaga jarak sedikitnya 1 meter dengan orang lain di sekitar kita, ada juga yang menyebut jarak lebih jauh khususnya kalau di dalam ruangan," katanya, dikutip dari Antaranews, Jumat 14 Mei 2021.

Sesuai dengan pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni berada lebih jauh dari orang lain lebih aman ketimbang berada pada jarak dekat bersama-sama untuk mencegah penularan bila di sekitar Anda ada yang batuk, bersin atau berbicara keras.

Penularan virus penyebab Covid-19 diketahui melalui tetesan air pernapasan dari batuk, bersin atau bahkan berbicara seseorang yang terinfeksi pada orang lain. Apabila Anda terlalu dekat dengan seseorang yang terkena Covid-19, Anda bisa menghirup tetesan yang dia keluarkan.

Menjaga jarak setidaknya satu meter menjadi salah satu anjuran para pakar kesehatan untuk menurunkan risiko terkena lebih dari 80 persen. Tetapi ini juga tetap dibarengi penerapan protokol kesehatan yakni menggunakan masker yang tepat dan baik serta kebiasaan selalu mencuci tangan.

Baca Juga: Heboh Bule Kanada Tawarkan Kelas Orgasme di Ubud Bali, Akhirnya Dideportasi

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x