Insecure Bisa Timbul Karena Prinsip Ingin Selalu Sempurna

- 27 Juli 2021, 18:31 WIB
Ilustrasi insecure.
Ilustrasi insecure. /Pexels.com/Kat Jayne/

 


INDOBALINEWS -  Insecure adalah perasaan tidak cukup baik dibandingkan orang lain atau teman sendiri. Juga rasa cemas berlebih, ketidakmampuan diri, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman.

Di zaman semakin membahananya medsos, kata 'insecure' kerap jadi bahan lelucon saat kita melihat unggahan artis yang notabene bergaya sultan atau influencer cantik yang tampilannya nyaris sempurna, meski banyak yang memakai aplikasi beauty plus. Atau bisa juga saat kita melihat kelebihan teman kita yang diunggah di medsos.

Rasa insecure dapat terjadi kapan saja, baik ketika kita merasa pencapaian dalam pekerjaan tidak sebaik yang lainnya karena efek dari pandemi seperti saat ini. Bisa terjadi juga saat kita membandingkan standar kecantikan berdasarkan hal-hal fisik dan materi semata.

Baca Juga: Bule Depresi Mantan Pasien RSJ Bangli Akhirnya Dideportasi

Dilansir dari laman everyday health yang dipandu oleh Chera Hodges, Insecure dapat timbul akibat pengalaman buruk diri kita. "Insecure bisa jadi disebabkan banyak hal dan bisa saja hanya karena masalah yang menurut orang lain masalah biada. Semisal punya bentuk tubuh yang menurut standar saat ini tidak ideal, habis cerai, baru saja dipecat atau gak gaul,"  demikian yang dijelaskan dalam tulisan ini.

Dari berbagai sumber juga diketahui insecure terjadi ketika kita merasa tidak baik dalam fisik, atau ketika kita merasa tidak cukup dicintai oleh orang-orang karena kekurangan yang kita miliki saat ini.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar atau dari dalam diri sendiri. Rasa insecure juga bisa muncul karena ketakutan untuk bergabung dengan lingkungan pergaulan.

Baca Juga: Pelaku IKM dan UMKM Harus Menjaga Produksinya dari Hulu Sampai Hilir

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: MNC TV Everyday Health


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x