Cara Mengatasi dan Mencegah Gangguan Lambung Saat  Musim Hujan

- 2 Agustus 2021, 18:48 WIB
Sistem pencernaan sangat rentan pada musim hujan dan masalah lambung seperti keasaman, kembung, gangguan pencernaan, gastroenteritis, maag, dan  GERD.
Sistem pencernaan sangat rentan pada musim hujan dan masalah lambung seperti keasaman, kembung, gangguan pencernaan, gastroenteritis, maag, dan GERD. /Pexels/Sora Shimazaki

INDOBALINEWS – Musim hujan bisa menjadi berkah —apalagi bagi petani yang menanam padi— tetapi juga membawa sejumlah penyakit seperti infeksi, dan alergi.

Sistem pencernaan sangat rentan pada musim hujan dan masalah lambung seperti keasaman, kembung, gangguan pencernaan, gastroenteritis, maag, dan  gastroesophageal reflux disease (GERD) menjadi umum.

Pada musim hujan seperti itu, sikap terbaik tetap berpegang pada diet seimbang, berolahraga setiap hari, menghindari junk food, makanan pedas dan berminyak, dan minum air matang, kata dokter.

Baca Juga: Kenapa Long Covid-19 Bisa Menyebabkan Kabut Otak? Begini Cara Mengatasinya

“Kami selalu melihat lonjakan pasien dengan infeksi lambung, usus, dan hati selama musim hujan. Pasien tiba-tiba meningkat karena infeksi melalui makanan dan air,” kata Dr Keyur Sheth, ahli gastroenterologi, Rumah Sakit Apollo Spectra, Mumbai, dikutip dari Indian Express, Senin 2 Agustus 2021.

Dr Sheth mengatakan secara global, penyakit GI (gastrointestinal) menular dan dehidrasi tetap menjadi penyebab utama kematian, bertanggung jawab atas sekitar 4.50.000 kematian tahunan.

Lebih dari 1.000 pasien datang ke rumah sakit setiap bulan untuk pengobatan masalah lambung. Makan makanan berat dapat memperlambat proses pencernaan yang mengundang masalah seperti kembung, gas, keasaman, dan gangguan pencernaan.

Memiliki chaat atau jus dari jalanan dapat menyebabkan infeksi perut karena air yang digunakan untuk menyiapkannya mungkin mengandung bakteri.

Baca Juga: 10 Jurus Pencegahan bagi Penderita Diabetes di Tengah Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x