Anak Demam, Pertolongan Pertama Berikan Minum Sesering Mungkin

- 28 November 2023, 15:24 WIB
Ilustrasi anak sakit demam
Ilustrasi anak sakit demam /FREEPIK

INDOBALINEWS - Pertolongan pertama saat anak demam adalah dengan memberikan minum sesering mungkin supaya tidak dehidrasi. 

"Lalu kalau tidak merasa nyaman atau gelisah, nyeri, itu boleh diberikan obat penurun panas untuk pertolongan pertama. Bisa diulang setiap 4 - 6 jam," kata dr Mulya Rahma Karyanti, SpA(K), M.Sc., pakar kesehatan anak dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo dalam sebuah acara yang digelar daring, Selasa, 26 November 2023. Dilansir dari Antaranews.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat untuk Raih Kesehatan Fisik dan Mental

Apabila demam tidak kunjung turun, lakukan kompres dengan air hangat. Menurut Karyanti, apabila anak demam tinggi disertai menggigil serta tangan dan kaki dingin, ini artinya suhu tubuhnya masih akan naik itu ke angka 39 sampai 40 derajat Celcius. 

Oleh karena itu, kompres dengan air hangat selama 15 menit akan membantu. Cobalah mengompres di daerah-daerah pembuluh darah besar misalnya lipatan ketiak, lipatan pangkal paha atau sekalah badan anak menggunakan waslap agar panas tubuhnya keluar dari penguapan. 

"Kita takutkan kalau sampai kejang, itu bisa dibantu dengan kompres dengan air hangat, bisa dengan sapu tangan atau waslap (sudah dicelupkan ke air hangat atau suam-suam kuku," kata dia. 

Baca Juga: Jangan Tunggu Sakit! Cek Kesehatan Rutin Penting untuk Deteksi Dini Penyakit dalam Tubuh

Ini sama persis seperti usai seseorang minum penurun panas lalu berkeringat, tujuannya mengeluarkan panas melalui pori-pori tubuh. 

Tetapi, apabila pada hari ketiga demam tak juga turun, Karyanti menyarankan untuk membawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dicari penyebab sakitnya. Kendati begitu, sebagian besar penyebab demam adalah virus yang tidak memerlukan antibiotik. 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x