4 Sayur Pencegah Anemia yang Wajib Dikonsumsi, Sehat, Murah dan Aman

- 31 Oktober 2023, 08:20 WIB
Ilustrasi sayur bayam.
Ilustrasi sayur bayam. /Pixabay.com

 

 

INDOBALINEWS – Penyakit anemia atau kurang darah merupakan kondisi yang disebabkan ketika tubuh Soba dan Sosa kekurangan zat besi dan sel darah merah. Berdasarkan data yang disebutkan oleh laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), 48,9 persen penduduk Indonesia mengalami anemia. Kemudian, setengah dari total tersebut, pengidapnya berasal dari kalangan remaja wanita.

Lalu apa penyebabnya? Banyak hal yang menjadi alasan penyakit tersebut muncul, misalnya konsumsi kafein yang berlebihan, kehilangan banyak darah maupun konsumsi mineral dan vitamin B12 yang kurang. Dalam hal ini, remaja wanita sangat beresiko anemia karena adanya siklus haid.

Maka dari itu, masyarakat secara keseluruhan yang mengalami anemia harus memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, khususnya sayur yang memiliki kandungan tinggi zat besi, asam folat, vitamin A dan D.

Baca Juga: Rekor! Lionel Messi Menangkan Ballon d'Or ke-8

Berikut rekomendasi sayur yang diambil dari laman resmi Kemenkes yang bisa dikonsumsi untuk menambah darah:

  1. Sawi Hijau

Sawi hijau mengandung banyak beta karoten, yaitu 1,675 mikrogram beta karoten per 100 gram. Kandungan ini dapat membantu tubuh untuk  menyerap lebih banyak zat besi. Sehingga terhindar dari anemia.

  1. Bit Merah

Bit merah memiliki banyak manfaat, salah satunya menambah darah. Hal itu bisa terjadi karena kandungan zat besi sebesar 0,8 mg per 100 gram bit merah. Selain itu, bit merah juga membantu gangguan menarche (haid). Sehingga sayuran yang satu ini dapat mengatasi gejala anemia.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: Kementerian Kesehatan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x