Jumlah Kecelakaan Kerja di Indonesia Masih Relatif Tinggi

- 3 Maret 2021, 17:16 WIB
Ilustrasi kerja.
Ilustrasi kerja. /Pixabay/bridgesward

INDOBALINEWS - Jumlah kecelakaan kerja di Indonesia saat ini relatif masih tinggi. Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, pada tahun 2019 tercatat 114.235 kasus kecelakaan kerja.

Sedangkan pada tahun 2020, periode Januari hingga Oktober, BPJS mencatat 177.161 kasus kecelakaan kerja, 53 kasus penyakit akibat kerja, dimana 11 diantaranya adalah kasus Covid-19.

Angka itu dihimpun pihak BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan klaim yang diajukan atas kecelakaan kerja yang dialami para pekerja.

Baca Juga: Teddy Syach Ungkap Kronologis Kondisi Rina Gunawan Sebelum Meninggal

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Bali Cok Ace dalam Webinar bertajuk "Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha" yang dilaksanakan BPJS Ketenagakerjaan, Rabu 3 Maret 2021 di Ball Room Hotel Padma Legian Kuta.

Acara ini selain digelar secara offline yang dihadiri undangan terbatas sesuai prokes juga diikuti oleh peserta secara online.

Baca Juga: 2 Bule Melamar Jadi WNI, Dites Soal PKN Hingga Nyanyi Indonesia Raya

"Besar kemungkinan data sesungguhnya lebih tinggi mengingat tak seluruh pekerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujar Cok Ace seperti yang dikutip oleh indobalinews.com dalam siaran tertulis Humas Pemprov Bali.

Untuk itu, lanjutnya guna menekan angka kecelakaan kerja yang saat ini relatif masih tinggi, ia mengingatkan pentingnya kesadaran untuk menerapkan budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau yang lebih dikenal dengan K3.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x