Viral Bule Rusia Lolos Karantina, Diduga Ada Kesalahan Penerjemahan Bahasa

- 1 Mei 2021, 09:26 WIB
Unggahan akun Instagram bule Rusia yang mengaku lolos karantina sebelum masuk ke Bali, dicapture dan diunggah kembali oleh aktivis asal Bali Ni Luh Djelantik.
Unggahan akun Instagram bule Rusia yang mengaku lolos karantina sebelum masuk ke Bali, dicapture dan diunggah kembali oleh aktivis asal Bali Ni Luh Djelantik. /Instagram @niluhdjelantik

INDOBALINEWS - Setelah viral di medsos unggahan bule Rusia lolos karantina dan bisa masuk Bali, pihak berwenang di Bali langsung melakukan pemeriksaan.

Dalam unggahannya di akun Instagramnya @lena_butuzov_a, bule Rusia ini mengaku berhasil masuk ke Indonesia tanpa harus menjalani karantina selama lima hari. Hal ini menjadi viral di media sosial.

Pemeriksaan dilakukan oleh Satpol PP, Satgas Covid-19 dan Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Provinsi Bali.

Baca Juga: Panglima TNI Hadi Tjahjanto Dipecat Karena KRI Nanggala 402 Tenggelam? Cek Faktanya

Menurut Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk, sejauh ini tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian terkait warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Elena tersebut.

Selain itu dijelaskan juga oleh Jamaruli bahwa bule yang viral mengaku lolos dari karantina di Indonesia selama lima hari diduga mengalami kesalahan penerjemahan bahasa. Dugaan ini muncul setelah pihak Kantor Perwakilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bali bertemu dengan bule tersebut.

Baca Juga: Satgas Mafia Tanah Bongkar Jual Beli 690 AJB Palsu Raup Rp1,3 M

"Hasil keterangan kami dari yang bersangkutan, ada salah pengertian, ini ranahnya satpol PP dan satgas covid-19, biarlah mereka yang memeriksa lebih lanjut. Kami menunggu rekomendasi dari instansi lain untuk memeriksa," ujar Jamaruli dalam pernyataan resminya Jumat 30 April 2021.

Ditambahkan juga oleh Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali I Putu Surya Dharma mengatakan bahwa pihaknya telah bertemu dengan bule tersebut sekitar pukul 09.00 WITA.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x