Pemkab Klungkung Berharap MSP Unwar Bantu Kajian Akademis Pengembangan TOSS

- 15 Mei 2021, 13:38 WIB
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menerima audiensi Magister Sains Pertanian (MSP), Universitas Warmadewa di Kantor Bupati Klungkung pada Sabtu 15 Mei 2021.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menerima audiensi Magister Sains Pertanian (MSP), Universitas Warmadewa di Kantor Bupati Klungkung pada Sabtu 15 Mei 2021. /Dok Warmadewa

INDOBALINEWS - Pemerintah Kabupaten Klungkung Bali berharap Magister Sains Pertanian (MSP) Pascasarjana, Universitas Warmadewa dapat membantu kajian akademis dalam pengembangan program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS), Dawan, Klungkung.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menerima audiensi Magister Sains Pertanian (MSP), Universitas Warmadewa di Kantor Bupati Klungkung pada Sabtu 15 Mei 2021.

"Selama ini sudah dilakukan uji coba tetapi belum menerapkan prinsip-prinsip sesuai dengan kajian akademis" kata Suwirta.

Baca Juga: Birgaldo Sinaga Meninggal Covid-19, Netizen: Terimakasih Telah Berikan Motivasi Melawan Intoleran

Suwirta menargetkan TOSS, Dawan, Klungkung dapat dimaksimalkan sehingga terdapat beragam macam kegiatan. "Sehingga semua lhaan yang ada di TOSS dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan penelitian mahasiswa dan dosen" ujarnya.

Sementara itu Kaprodi MSP Universitas Warmadewa, Dr. Ir. I Dewa Sudita, M.P menyatakan siap membantu melakukan kajian secara akademis. Kajian akademis tersebut nantinya akan dipublikasikan sebagai karya ilmiah melalui jurnal-jurnal ilmiah.

Baca Juga: 'Kasus Kelas Orgasme di Bali Sudah 210 Lebih yang Ditindak Sejak Tahun 2020, yang Viral Sedikit'

"Kajian akademis nanti akan diberikan dalam bentuk laporan, disertai rekomendasi kepada Pemda Klungkung nanti" papar Dewa Sudita.

Menurut Dewa Sudita, kompos hasil TOSS untuk tahap awal diujicobakan pada tanaman, seperti jagung, cabe besar, cabe rawit dan bawang merah. Tanaman selain diberikan kompos TOSS juga akan diberikan pupuk kotoran ayam dan NPK sebagai pembanding.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x