Cegah Meboya di Pesta Demokrasi, Bupati Klungkung Gandeng Bawaslu

- 29 April 2021, 10:17 WIB
Pertemuan Pemkab dan Bawaslu Klungkung untuk membahas sosialisasi pendidikan politik masyarakat, Kamis 29 April 2021.
Pertemuan Pemkab dan Bawaslu Klungkung untuk membahas sosialisasi pendidikan politik masyarakat, Kamis 29 April 2021. /Dok Bawaslu Klungkung

INDOBALINEWS - Bupati Klungkung Nyoman Suwirta ingin mengikis politik pragmatis masyarakat Klungkung dalam setiap hajatan atau pesta demokrasi.

Untuk hal tersebut, Bupati Suwirta menggandeng Bawaslu Bali melalui Bawaslu Klungkung, untuk memberikan pendidikan politik ke masyarakat.

Hal tersebut dikatakan bupati dua periode ini, saat menerima audensi Bawaslu Bali dan Bawaslu Klungkung, Kamis 29 April 2021, di kantor bupati setempat. Lebih jauh Bupati Suwirta menjelaskan, fenomena meboya dan pragmatis masyarakat dalam setiap hajatan demokrasi masih banyak terjadi.

Baca Juga: Tengah Malam 'Bergumul' di Pinggir Jalan, 2 Lelaki Asal Medan dan Madura Bersimbah Darah

"Sikap acuh masyarakat dengan tidak peduli siapapun yang terpilih, ini perlu digarap agar mereka punya kesadaran politik. Saya selaku pembina politik, tentu punya tanggungjawab untuk menyadarkan," jelasnya.

Untuk itu, lanjut bupati, selain pemerintah, Bawaslu sebagai pengawal pesta demokrasi, sangat relevan bergandengan dengan pemerintah untuk melakukan berbagai sosialisasi ke masyarakat dalam rangka memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Baca Juga: Nadiem Makarim Dilantik Presiden Jadi Mendikbudristek, Franka Franklin Tampil Cantik

Harapanya, dengan pendidikan politik yang baik, tentu partisipasi masyarakat akan meningkat. "Dengan pendidikan politik yang baik, masyarakat juga akan terhindar dari praktek-praktek tidak baik dalam setiap pesat demokrasi, dan sudah pasti partisipasi masyarakat akan meningkat," katanya.

Sejalan dengan harapan Bupati Suwirta, Ketua Bawaslu Bali Ketut Ariyani berharap, Pemkab Klungkung bisa mengibahkan assetnya untuk dibangun Kantor Bawaslu Klungkung.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x