Upaya Bali Pulih: Penurunan Kasus Baru Covid Merupakan Sinergi Banyak Pihak

- 19 Agustus 2021, 19:26 WIB
Ilustrasi pentas seni Bali lewat virtual selama masa pandemi.
Ilustrasi pentas seni Bali lewat virtual selama masa pandemi. /Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS - Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menyampaikan bahwa dalam beberapa hari terakhir telah terjadi trend penurunan kasus baru atau penurunan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurutnya capaian itu tak terlepas dari sinergi yang dibangun pemerintah pusat, BNPB, pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang didukung berbagai elemen masyarakat.

“Semuanya bahu membahu, bekerja keras dengan semangat tinggi dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah Bali,” ucapnya dalam pernyataan resmi tertulisnya. Ia berharap, trend penurunan kasus Covid-19 ini bisa terus berlanjut sehingga perekonomian Bali bisa segera pulih," ujar Cok Ace saat menghadiri Rapat Koordinasi Penguatan Sistem dan Strategi Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Bali yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis 19 Agustus 2021.

Baca Juga: Ada Sesosok Jenazah Berkaos Putih Terapung di Pantai Kedonganan

Dalam kesempata itu juga Cok Ace mengungkapkan dukungannya pelibatan peran akademisi dalam upaya pemulihan Bali yang mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Guru Besar ISI Denpasar ini menginformasikan, pandemi Covid-19 tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga memporakporandakan perekonomian Daerah Bali. Sebagai Ketua Tim Pemulihan Ekonomi Bali, Wagub Cok Ace berharap border pariwisata bisa dibuka dengan menetapkan skema tertentu yang tak mengabaikan faktor kesehatan.

Baca Juga: Narkoba Bentuk Lain dari Penjajahan Merusak Generasi Penerus

Terkait dengan upaya penguatan peran akademisi, Panglingsir Puri Ubud ini menyambut baik riset kebencanaan dan KKN Tematik yang diselenggarakan BNPB.

Ia berharap, riset para peneliti dapat menghasilkan masukan dan solusi yang implementatif. Selain itu, Wagub Cok Ace menyambut gembira terpilihnya Bali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) tahun 2022 mendatang.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x