Langganan Juara, Kualitas MAN di Bali Tak Kalah dengan Daerah Lain

- 22 Februari 2022, 18:33 WIB
Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, H Mahmudi.
Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, H Mahmudi. /Dok Awid


INDOBALINEWS - Tidak hanya memiliki Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) unggulan maupun SMA swasta favorit, Bali juga memiliki Madrasah Aliyah Negeri (MAN) atau SMA terbaik yang tersebar di beberapa kabupaten.

Kendati mata pelajaran yang diberikan lebih banyak tentang ilmu agama Islam, prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi MAN juga tak kalah bergengsi untuk mata pelajaran lain.

"Salah satu MAN berprestasi yakni MAN 1 Jembrana," kata Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, H Mahmudi, Selasa 22 Februari 2022 di Denpasar.

Baca Juga: Obyek Sengketa Didatangi Oknum Kepolisian, Kuasa Hukum Ahli Waris Lapor Propam Polda Bali

Ia menerangkan jika MAN 1 Jembrana memiliki banyak prestasi. Di antaranya kerap mendapat juara dalam kompetisi sains negeri (KSN) maupun kompetisi sains madrasah (KSM) tingkat nasional.

Berdiri sekitar tahun 1970, saat ini MAN 1 Jembrana yang berlokasi di Jalan Ngurah Rai nomor 103, Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana ini memiliki 1.000 lebih siswa.

"Tidak hanya dari Bali, siswa-siswi MAN 1 Jembrana juga datang dari beberapa kota di luar Bali," tuturnya.

Baca Juga: Pilpres 2024: Surya Paloh Belum Pastikan Ridwan Kamil Jadi Capres, Partai NasDem Siapkan Tiga Nama

Karena beragam prestasi yang diraih, lulusan MAN 1 Jembrana banyak dilirik oleh perguruan-perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti UI, UGM, Unair dan kampus-kampus lain, termasuk perguruan tinggi favorit di Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x