Ayo Mulai Transisi Pakai Non Tunai

- 8 Juni 2021, 18:30 WIB
Ilustrasi pembayaran Non Tunai
Ilustrasi pembayaran Non Tunai /Pertamina/

INDOBALINEWS - Kata Go Cashless di masa pandemi mulai digadang-gadang sebagai salah satu cara untuk menghindarkan diri kita selalu menjaga protokol kesehatan (Prokes) di masa pandemi.

Menurut Silvia Kartika Asisten Vice Presiden Ecosystem & Business Development DBS Indonesia dalam sebuah webinar Senin 7 Juni 2021, banyak keuntungan yang bisa diperoleh masyarakat termasuk pelaku bisnis untuk beralih ke Go Cashless atau non tunai dari uang tunai.

“Salah satunya adalah terhindar dari uang palsu dari sisi keamanan dan terhindar dari pencurian. Di sisi kenyamanan transaksi cashless lebih cepat, merchant tidak perlu menyiapkan kembalian , merchant tidak perlu rekonsiliasi manual dan setor ke bank dan meminimalisir kesalahan,” ujar Silvia dalam Webinar Literasi Digital yang digelar Kemkominfo dan Siberkreasi l di Badung Bali pada Senin 7 Juni 2021.

Baca Juga: Jerinx Bebas dari Lapas Kerobokan Dijemput Nora Alexandra, Ayah dan Personel Band SID

Lebih lanjut dikatakannya bahwa cashless bisa juga meningkatkan omset untuk merchant karena konsumen mudah bertransaksi. Untuk sisi promosi ada berbagai diskon atau cashback yang ditawarkan oleh penyedia jasa sistem pembayaran.

“Di masa pandemi ini kan transmisi penyakit atau virus bisa terjadi dari interaksi dengan uang fisik, jadi peran non tunai sangat penting. Ayo mulai transisi pakai non tunai karena  dari sisi higienis sangat penting untuk menjaga kebersihan,” imbuhnya.

Baca Juga: Gerah Diroasting 'Dewa Panci' dan Disudutkan 33 Kali, Roy Suryo: Bercanda Ada Aturannya

Keuntungan lain adalah transaksi lebih cepat, mengurangi biaya dan risiko bisnis, meminimalisi korupsi dan pencucian uang karena ada digital trail. Untuk cashless selalu ada jejak digital mempersulit terjadinya tindak kejahatan atau setidaknya bias ditekan.

“Mengurangi penyebaran penyakit yang bias terjadi melalui uang tunai.  Ada data ekonomi yang lebih baik karena semua transaksi tercatat. Selain itu transaksi menggunakan pertukaran mata uang asing akan lebih mudah saat bepergian ke luar negeri dan sebalilknya,” beber Silvia.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x