Cakap Digital Saja Tidak Cukup, Etika Perlu Diterapkan Saat Berinternet

- 1 Juni 2021, 09:45 WIB
Ilustrasi internet
Ilustrasi internet /PIXABAY.COM/

INDOBALINEWS - Dalam rangka mewujudkan masyarakat indonesia yang paham akan literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Siberkreasi menggelar acara Webinar Literasi Digital di Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin 31 Mei 2021.

Melalui webinar ini, Kemkominfo berharap dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Dalam pidato pembukaan Webinar Literasi Digital – Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk mengisi ruang digital dengan konten kreatif dan positif sehingga dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat. Untuk itu diperlukan kerja keras dari pemerintah untuk melakukan edukasi literasi digital.

Baca Juga: Bela Anak yang Berkelahi, Seorang Ayah Aniaya Juru Parkir dengan Stik Bisbol

“Makin cakap kemampuan digital masyarakat, kian besar potensi ekonomi bertambah. Untuk mencapai itu perlu diperbanyak konten positif dan gunakan internet untuk kegiatan edukasi yang kreatif,” kata Presiden Joko Widodo.

Dr. Jonas KGD Gobang,S.Fil, MA, Dekan Komunikasi Universitas Nusa Nipa, Maumere, salah satu pembicara mengatakan literasi digital tidak boleh hanya untuk meningkatkan kemampuan digitalisasi masyarakat, tapi juga perlu menekankan pentingnya beretika dan bijak dalam penggunaan internet.

Baca Juga: Satpam Bunuh Cewek Aplikasi MiChat, Rampok Barang Korban Buat Judi Online

Menurutnya, Indonesia sedang beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan teknologi. Untuk itu, literasi digital wajib dilakukan ke seluruh Indonesia.

“Perlu ditekankan, dalam melakukan literasi digital, pemerintah perlu juga mensosialisasikan etika berinternet. Tanpa etika, cakap digital bisa memberi pengaruh buruk. Jadi, kita harus cakap menyebarkan kebaikan, kegunaan kebenaran dan bukan ujaran kebencian,” ujar Jonas dalam Webinar dengan moderator Yulian Noor ini.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x