Ini Produk Terlaris dari UMKM di Masa Pandemi

- 8 Juli 2021, 13:08 WIB
Ilustrasi masker salah satu produk untuk menjaga kesehatan di masa pandemi.
Ilustrasi masker salah satu produk untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. /Unsplash.com/

INDOBALINEWS - UMKM menjadi salah satu yang wajib memanfaatkan ruang digital untuk beradaptasi di era pandemic agar tetak eksis terus.

Hal ini dilakukan karena begitu banyak platform dan fitur internet yang bisa dieksplorasi untuk menunjang penjualan dan pemasaran produk serta jasa yang ditawarkan UMKM.

Menurut Kelly Oktavian, salah satu pembicara dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Karangasem, Bali pada Selasa 6 Juli 2021 mengatakan e-market menjadi potensi besar untuk memasarkan produk atau jasa yang kita tawarkan karena pengguna internet di Indonesia sangat besar.

Baca Juga: The Real Crazy Rich Diduga Tersandung Narkoba, Banyak yang 'Nitip Sendal' di Akun Nia

“Potensi memasarkan lewat dunia digital sangat besar dengan pertimbangan dari data survei terbaru ada sekitar ada 222 juta pengguna internet di indonesa. Survei lain juga menghitung jumlah pengguna e-marketplace yang ada di Indonesia,” ujar Kelly.

Ia juga mencontohkan tiga nama marketplace yang terkenal yaitu Buka Lapak disebutkan dikunungi sekitar 27,3 juta orang/bulan, Tokopedia dikunjungu 149 juta orang/bulan dan Shoppe dikunjungi sekitar 125 juta orang per bulan.

Bagi para pelkau UMKM yang baru akan mulai, ia menyarankan untuk melihat dulu tren produk yang saat ini masih berada di prioritas utama para konsumen. Salah satunya adalah produk terlaris kesehatan yang menempati peringkat pertama dari 40 kategori produk terlaris dari survei Asosiasi Digital Marketing Indonedia tahun 2020.

Baca Juga: Cerita Menparekraf Sandiaga Uno Lewati Isoman saat Terpapar Corona

“Produk kesehatan masih menduduki tempat pertama terlaris seperti masker, hand sanitizer dan lainnya diikuti produk perawatan kecantikan, tiket voucher, perlengkapan rumah tangga, pakaian aksesoris Muslim, pakaian aksesoris wanita, HP dan aksesoris, aksesoris pakaian, perlengkapan pesta souvenier juga pakaian dan pernik anak,” jelas Kelly.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x