UMKM Bali Lemah Dalam Pemanfaatan Ecommerce dan Tekhnologi Informasi, Ini Solusinya

- 18 Mei 2021, 09:40 WIB
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa saat melakukan pendampingan di Gianyar Bali, Minggu 16 Mei 2021.
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa saat melakukan pendampingan di Gianyar Bali, Minggu 16 Mei 2021. /Dok Universitas Warmadewa

INDOBALINEWS - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali masih lemah dalam pemanfatan ecommerce dan teknologi informasi dalam pengembangan bisnis.

Kondisi ini yang menyebabkan UMKM di Bali susah berkembang dan belum mampu eksis di pasar internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa I Gede Nyoman Carlos dalam keterangan resminya yang dikutip indobalinews.com Selasa 18 Mei 2021.

Baca Juga: Pelajar Tewas di Dasar Jurang, Motornya Ditemukan Masih Nyala di Jembatan Cau Blayu

Diungkapkannya, berdasarkan pengamatan lapangan yang dilakukan timnya bersama Putu Yudha Asteria Putri dan I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi saat melakukan pendampingan PKM di Desa Bona Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar menemukan bahwa ada beberapa kendala.

Kendala-kendala tersebut termasuk kendala “mandat”nya proses bisnis UMKM adalah belum memiliki pembukuan untuk menghitung laba rugi, harga pokok produksi dan pencatatan asset yang dimilki.

Baca Juga: Kajian Efektivitas Vaksin Sinovac: 98% Efektif Cegah Risiko Kematian Akibat Covid-19

"Selain itu juga belum memiliki SOP, baik terkait bahan baku maupun alur di dalam proses produksinya. Pemasaran dilakukan hanya dengan orang-perorangan, karena rendahnya pengetahuan akan penggunaan sistem e-commerce” paparnya.

Menurut Carlos, UMKM sejauh menjadi penyumbang PDB terbesar di Indonesia. Jika UMKM dapat dikelola dengan baik, maka akan dapat memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap pendapatan domestik suatu negara.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x