12 Juta pelaku UMKM Sudah Berjualan Lewat Platform Digital

- 1 Juli 2021, 11:04 WIB
Ilustrasi produk UMKM yang memanfaatkan dunia digital dalam sisi pemasaran.
Ilustrasi produk UMKM yang memanfaatkan dunia digital dalam sisi pemasaran. /Dok Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Digitalisasi telah merambah ke dunia perdagangan, dengan munculnya penjual yang mulai memasarkan produknya melalui platform digital, seperti market place. Tak terkecuali bagi penjual produk dalam negeri atau produk lokal yang semakin memanfaatkan media digital sebagai tempat promosi.

Tino Thorik, Penggiat Sosial Media, dalam Webinar di wilayah Kota Kupang, NTT, Jumat 26 Juni 2021 mengklaim bahwa konsumen menyukai produk lokal yang dipromosikan dengan baik.

Alasannya, karena konsumen merasa lebih dekat dengan produk tersebut. Menurut data, sudah sebanyak 12 juta UMKM yang menggunakan sistem berjualan secara online dengan memanfaatkan beragam platform internet yang ada.

Baca Juga: Update Pencarian Korban KPM Yunice, Ini Daftar Nama Korban Meninggal

“Digital marketing itu merupakan sebuah sistem dalam promosi brand lokal. Di dalamnya terdapat konten dan penyebaran yang tidak dapat dipisahkan,’ ujar Tino.

Manfaat apabila penjual menerapkan sistem marketing yang baik, memungkinkan pembeli dengan mudah mengenali dan menemukan produk yang dijual. Selain itu, penjual juga bisa menerapkan sistem di mana penjual yang menghampiri pembeli melalui digital marketing.

Sebaliknya, dalam meraih hal tersebut, ada beberapa tantangan dalam digital marketing. Di antaranya, persaingan dengan sesama brand lokal, mengarahkan pembeli atau target pasar, dan meningkatkan pemasukan. Tino memaparkan solusi untuk menghadapi tantangan sebelumnya, seperti membuat website, optimization (SEO), mendaftar di market place, brand harus memiliki nilai jual, promo/diskon, mengelola media sosial sebagai sarana promosi dan pengenalan.

Baca Juga: Heboh Bule Kanada Tawarkan Kelas Orgasme di Ubud Bali, Akhirnya Dideportasi

“Website dalam bentuk e-commerce itu tetap merupakan pilihan terbaik dengan berbagai kelebihan. Kelebihannya kita secara bebas bisa mengubah apa yang kita inginkan dalam website kita, seperti tampilan logo, warna, atau produk,” tutur Tino.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x