Tingkatkan Kualitas dan Profesionalisme Wartawan, PWI dan BI Bali bersinergi

- 14 Oktober 2020, 20:33 WIB
Ketua PWI Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra dan Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho bersama dengan para nara sumber dan penguji di acara UKW dan Pelatihan Wartawan Ekonomi di Griya Santrian Sanur, Rabu 14 Oktober 2020
Ketua PWI Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra dan Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho bersama dengan para nara sumber dan penguji di acara UKW dan Pelatihan Wartawan Ekonomi di Griya Santrian Sanur, Rabu 14 Oktober 2020 /shira ade/Shira ade

INDOBALINEWS - Dewan Pers Republik Indonesia mendorong dan mengingatkan pentingnya penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk memastikan pemenuhan standarisasi profesionalitas dan peningkatan kualitas wartawan.

Hal itu dikatakan oleh Jurnalis Senior Nurcholis MA Basyari di sela-sela acara UKW di Griya Santrian Sanur, Rabu 14 Oktober 2020 yang digelar bersamaan dengan Pelatihan Wartawan Ekonomi yang berlangsung hingga 16 Oktober mendatang.

Baca Juga: Pemberlakuan Bali Era Baru Perbaiki Kondisi Dunia Usaha di Triwulan llI 2020

"Uji kompetensi menjadi penting karena wartawan adalah kerja profesi. Harus ada standar-standar kompetensi dan kode etiknya. Profesi apapun dokter, advokat juga begitu yang lainnya juga," ujar Nurcholis Basyarah.

Apalagi, lanjutnya wartawan itu adalah pilar keempat demokrasi. Beberapa fakta ilmiah yang bisa dikutip adalah banyak orang takut pada pena wartawan. Jadi bisa dibayangkan kalau kerja wartawan tidak profesional tanpa kompetensi.

Baca Juga: Ketua PWI Bali : Hidup Alm Jakob Oetama Diabdikan untuk Mencerdaskan Bangsa

"Bayangkan jika wartawan tidak profesional tanpa kompetensi yang disebabkan tidak sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang dijunjung tinggi aspek yang utama adalah fakta, verifikasi, keberimbangan dan lainnya. Bayangkan jika asal nulis tidak memperhatikan kaidah kaidah jurnalistiknya dan UU. Sebab walaupun demokrasi itu ada dasarnya bebas tapi terikat oleh undang-undang. Pers juga dibatasi oleh UU, ini dalam konteks sebagai pilar keempat demokrawi," imbuhnya

Sementara itu saat acara pembukaan, Kepala Perwakilan BI Bali, Trisno Nugroho mengatakan selain membangun capacity building melalui pelatihan kali ini, juga diharapkan wartawan dapat memperoleh Sertifikasi Kompetensi Wartawan melalui UKW.

Baca Juga: BI dan PWI di Bali Gelar Workshop Pra UKW

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x