Unik, Dua Pulau di Korea Selatan Ini Disulap Jadi Serba Ungu

- 15 Maret 2021, 10:52 WIB
Turis berjalan di Purple Island di Shinan, Korea Selatan.
Turis berjalan di Purple Island di Shinan, Korea Selatan. /Reuters/Daewoung Kim

INDOBALINEWS - Kebanyakan anak muda di Pulau Banwol dan Bakji, Korea Selatan, lebih memilih meninggalkan pulau itu dan mengadu nasib di daerah perkotaan. Maklum, kedua pulau itu tergolong daerah terpencil.

Namun di luar dugaan, kedua pulau ini belakangan banyak dikunjungi wisatawan. Hal itu terjadi, setelah dua pulau ini didesain unik menjadi serba ungu, dan menarik minat wisatawan.

Dilansir Reuters, pulau-pulau kecil ini hanya ditempati lebih dari 100 orang warga. Pulau-pulau kecil itu dipilih untuk proyek pariwisata yang didukung pemerintah.

Baca Juga: Respon Perempuan Terhadap Efek Vaksin Lebih Kuat Dari Pria, Cari Tahu Penyebabnya

Baca Juga: Siaran Langsung Prosesi Pernikahan Atta-Aurel Diprotes, Begini Alasan KNRP

Sejak tahun 2016, daerah Shinan bahkan telah menginvestasikan 4,8 miliar won untuk mengubah pulau itu menjadi serba ungu. Termasuk mengecat lebih dari 28.000 meter persegi atap menjadi warna ungu. Hal ini sukses menarik lebih dari 487.000 orang, sejak dimulai pada 2019.

Konon, dua pulau di daerah itu disulap menjadi serba ungu karena terinspirasi bunga khas di pulau ini. Warga di "Kepulauan Ungu" itu pun mengecat rumah, jalan dan jembatan dalam nuansa warna ungu, hingga menanam bunga ungu seperti lavender dan aster.

"Orang tua seperti kami hidup terpencil di sini karena anak-anak muda meninggalkan kota ini," kata Shin Deok-im (79), warga yang telah menetap di Pulau Bakji selama lebih dari 60 tahun.

"Saya senang melihat anak muda dan anak-anak berkunjung ke kota kami. Mereka seperti cucu-cucu saya sendiri," imbuhnya.

Baca Juga: Hari Raya Nyepi, Menteri Agama: Muliakan Alam, Maka Alam Memuliakan Kita

Baca Juga: Ini Asal Usul Hari Raya Nyepi, Hari Untuk Mengoreksi Diri

Menariknya, restoran di pulau tersebut juga menyajikan nasi ungu dan makanan-makanan di piring ungu. Sebagian warga juga mengikuti proyek ungu ini dengan penuh semangat.

"Setiap hari saya pakai ungu dari atas sampai bawah, termasuk celana dalam dan sepatu, dan itu membuat saya bahagia," ujar Jung Soon-shim (88), yang ditemui saat duduk di gazebo ungu.

Pengunjung bisa berjalan di tiga jembatan ungu yang menghubungkan dua pulau ke pulau besar di dekatnya, di mana ada bangku-bangku yang didekorasi dengan tulisan "I purple you", slogan dari anggota BTS Kim Tae-hyung alias V yang artinya "saya percaya, menyayangi dan mendukungmu."

Bahkan mereka yang memakai ungu bisa masuk gratis ke pulau-pulau itu.

"Kami tidak bisa bepergian ke luar negeri karena Covid-19, sebagai gantinya kami mengunjungi pulau ungu ini," tutur Shin Eun-me, salah satu pengunjung.***

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x