Pesona Nusa Penida di Tenggara Bali, dari Broken Beach Hingga 'Raja Ampat'

- 1 Maret 2021, 22:31 WIB
Pesona Pantai Kelingking yang menjadi ikon Nusa Penida.
Pesona Pantai Kelingking yang menjadi ikon Nusa Penida. /Indobalinews/Putra Perdana Lim

INDOBALINEWS - Di tenggara Pulau Bali, terdapat gugus pulau yang sesungguhnya menyimpan pesona tersendiri. Tiga di antaranya cukup populer, yakni Nusa Ceningan, Nusa Lembongan, Nusa Penida.

Meski tak setenar Bali di mata dunia, namun ketiga pulau ini punya daya tarik masing-masing. Terutama Nusa Penida.

Untuk mengunjungi Nusa Penida, Anda harus menyebrang melalui Pelabuhan Padangbai di Karangasem atau Pantai Sanur di Denpasar. Umumnya pengunjung menggunakan fast boat dari Pantai Sanur.

Baca Juga: Ini 8 Tempat Wisata Terbaik di Bali Utara

Berikut ini beberapa daya tarik wisata di Nusa Penida, yang belakangan banyak dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Kristal Bay

Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah, dikelilingi dua tanjung dan sebuah terumbu karang besar di laut lepas. Pantai Kristal Bay menjadi tempat favorit yang diminati banyak wisatawan.

Pantai ini cocok untuk kalian yang ingin menikmati sunset, menyelam, snorkeling, dan berenang. Lokasinya terletak di Banjar Penida Desa Sakti, Nusa Penida.

Baca Juga: Pariwisata Jadi Prioritas Utama Pemulihan Perekonomian Bali

2. Pantai Uug

Pantai Uug lebih dikenal dengan nama Broken Beach. Di pantai ini tidak direkomendasikan untuk kalian yang ingin berenang.

Di samping memiliki batu karang yang tajam, ombak Pantai Uug juga cukup berbahaya. Tempat ini berlokasi di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida.

Baca Juga: Ini 7 Pantai di Bali yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan

3. Pantai Atuh

Saat berkunjung ke Pantai Atuh, Anda akan disuguhkan pemandangan tebing tinggi yang menakjubkan. Tempat ini biasanya disebut sebagai Raja Ampat versi Bali.

Di pantai ini, Anda bisa memancing, berkemah, dan bersnorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang. Lokasinya berada di Banjar Pelilit, Nusa Penida.

4. Pantai Andus

Pantai Andus sering juga disebut Smoky Beach, sangat berbahaya untuk berenang. Tetapi pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, seperti saat kencangnya ombak yang menghantam bebatuan karang sehingga memunculkan waterblow.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Dikabarkan Beli Saham Bali United, Ini Sumber Kekayaannya

5. Angels Billabong

Angels Billabong merupakan bidadarinya Nusa Penida. Kata billabong yang diambil dari bahasa Inggris artinya ujung dari sebuah sungai yang buntu.

Tempat wisata ini adalah muara akhir dari sebuah sungai di Nusa Penida. Di muara sungai ini, airnya sangat tenang dan jernih.

Angels Billabong tepat berada di sebelah Pantai Uug. Pengunjung dapat berenang dan bersantai tapi tidak disarankan saat gelombang besar. Lokasinya berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida.

Baca Juga: Ini Jejak Sejarah Tari Pendet yang Telah Mendunia

6. Mata Air Tembeling

Kolam alami yang berada di bawah hutan hijau, memberikan nuansa musim semi yang segar. Hutan di sekitar tempat ini sangat indah, namun tidak semua kolam bisa digunakan oleh wanita.

Kolam khusus wanita berada dekat pantai, sementara yang bagian atas dikhususkan untuk pria. Lokasinya berada di Desa Batu Madeg, Nusa Penida.

7. Mata Air Guyagan

Wisata ini berlokasi di Batu Kandik, Nusa Penida. Mata air ini dipergunakan untuk mengalirkan air bersih ke delapan desa di sekitarnya. Sebelum mencapai mata air ini, Anda arus menuruni tangga besi terlebih dahulu.

Baca Juga: Bali Akan Buka Pintu Bagi Wisatawan Mancanegara, Ini Syaratnya

8. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan berada di tepi tebing. Untuk mencapainya, Anda harus berjalan kaki sejauh 300 meter. Anda akan melewati jalan yang sempit, menurun, dan curam.

Namun hal tersebut akan terbayarkan, karena Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah. Lokasi pantai ini berada di Desa Wates, Nusa Penida.

9. Bukit Telletubies

Bukit Telletubies berada di Desa Tanglad, Nusa Penida. Daya tarik dari bukit ini adalah perbukitan hijau dengan gundukan-gundukan bukit seperti tempurung kelapa, berikut lembah cantik yang persis dalam gambaran alam serial film tv anak-anak tersebut.

Baca Juga: Labuan Bajo Destinasi Super Premium, Masyarakat Lokal Jangan Hanya Jadi Penonton

10. Pantai Kelingking

Pantai ini merupakan ikon wisata Nusa Penida. Pantai Kelingking dikelilingi tanjung dan tebing yang curam.

Anda tidak bisa turun menuju pesisir pantai. Anda hanya dapat melihat pantai dari atas bukit, tetapi Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah. Pantai ini berlokasi di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. ***

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x