Konferensi di Bali: IRRI dan Delegasi dari 17 Negara Asia Diskusi tentang Implementasi Standar Produksi Beras

- 1 November 2023, 15:20 WIB
Pimpinan lembaga riset dari 17 negara beserta International Rice Research Institute (IRRI) yang tergabung dalam Council for Partnership on Rice Research in Asia (CORRA) berkumpul untuk membahas standar produksi beras Asia di Bali, Rabu 1 November 2023,
Pimpinan lembaga riset dari 17 negara beserta International Rice Research Institute (IRRI) yang tergabung dalam Council for Partnership on Rice Research in Asia (CORRA) berkumpul untuk membahas standar produksi beras Asia di Bali, Rabu 1 November 2023, /Ronatal Siahaan/IndoBaliNews.com

 

 

INDOBALINEWS – Pimpinan lembaga riset dari 17 negara beserta International Rice Research Institute (IRRI) yang tergabung dalam Council for Partnership on Rice Research in Asia (CORRA) berkumpul di Bali, Rabu 1 November 2023, untuk membahas berbagai peluang, tantangan, dan solusi dalam pengelolaan sistem pangan pertanian, termasuk bagaimana memberikan nilai tambah dan meningkatkan standar produksi beras di kawasan Asia.

Pertemuan ini tidak hanya memberikan pengetahuan penting namun juga kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang tantangan dan solusi yang muncul dalam sistem pertanian pangan berbasis beras di Kawasan Asia.

Negara anggota juga memberikan insight atau wawasan terhadap kebutuhan riset dan inovasi yang diperlukan oleh masing-masing negara anggota untuk kemudian diformulasikan lebih lanjut oleh IRRI, sebagai leader agent untuk riset padi pada level global atau internasional.

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan dalam Mencuci Muka yang Anda Wajib Tahu!

Di Indonesia, pertanian telah menjadi sektor yang konsisten sebagai penopang perekonomian negara meski dalam kondisi sulit seperti saat pandemi Covid-19. Meski demikian, dampak perubahan iklim yang terjadi saat ini perlu diwaspadai dan dicarikan jalan keluar bersama.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan target produksi beras 3,5 juta ton hingga akhir 2023. "Kami beri target kalau bisa 5 bulan ini, nanti November (produksi beras) 1,5 juta ton, terus bulan depannya minimal 2 juta ton kira-kira. Itu harus dicapai. Itu mutlak," ujar Amran, Rabu 1 November 2023.

Untuk mencapai target tersebut, Amran juga menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan benih siap tanam bagi para petani.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x