Israel Klaim Pejuang Hamas Sembunyi di Pemukiman Warga Sipil

- 20 Desember 2023, 08:35 WIB
Warga sipil korban Perang Gaza.  Israel Kembali Menggempur Kamp Pengungsi Jabalia di Gaza
Warga sipil korban Perang Gaza. Israel Kembali Menggempur Kamp Pengungsi Jabalia di Gaza /JG/Dwi Ayu/IG @omerensar

INDOBALINEWS - Menyusul serangan Israel yang kian meningkat di Jalur Gaza, korban nyawa pun kembali berguguran dan semakin banyak.

Di Gaza, rudal terbaru Israel menghantam wilayah selatan Rafah, tempat ratusan ribu pengungsi Palestina berkumpul dalam beberapa pekan terakhir, menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai puluhan lainnya saat mereka tidur di rumah, kata pejabat kesehatan setempat.

Warga mengaku harus menggali reruntuhan dengan tangan kosong. “Ini tindakan biadab,” kata Mohammed Zurub, yang keluarganya kehilangan 11 orang dalam serangan itu.

Baca Juga: Liga 1: PSM Makassar Krisis Finansial, Persebaya Surabaya Intip Peluang Datangkan Bernando Tavares

Di utara, serangan lain menewaskan 13 orang dan melukai sekitar 75 orang di kamp pengungsi Jabalia, kata kementerian kesehatan.

Warga Palestina setempat melaporkan peningkatan pemboman udara dan tank Israel di Jabalia saat kegelapan mulai turun pada Selasa malam.

Israel mengatakan pihaknya telah memperingatkan akan adanya serangan terlebih dahulu sehingga warga sipil dapat melarikan diri, dan menuduh pejuang Hamas bersembunyi di daerah pemukiman dan menggunakan rumah sakit dan sekolah sebagai tempat berlindung, namun hal ini dibantah oleh kelompok Islam tersebut.

Baca Juga: Turis Lokal asal Tangerang yang Terseret Arus di Pantai Double Six Akhirnya Ditemukan, Begini Kondisinya

Para pejabat militer Israel mengatakan kepada wartawan dalam sebuah pengarahan pada hari Selasa bahwa banyaknya korban sipil adalah akibat dari kampanye intensif Israel untuk menghancurkan Hamas dan strategi perang kota yang dilakukan para militan, meskipun terdapat kekhawatiran global mengenai banyaknya korban jiwa.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x