Bupati Klungkung Dorong TOSS Dawan Jadi Tempat Pendidikan dan Penelitian Sampah

- 16 Mei 2021, 12:58 WIB
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta di TOSS Center di Kecamatan Dawan Klungkung Minggu 16 Mei 2021.
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta di TOSS Center di Kecamatan Dawan Klungkung Minggu 16 Mei 2021. /Dok Universitas Warmadewa Bali

INDOBALINEWS - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka ruang bagi pengembangan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center yang berlokasi di Kecamatan Dawan Klungkung menjadi tempat pendidikan dan penelitian pengelolaan sampah.

Guna mewujudkan harapan tersebut, peran perguruan tinggi sangat diharapkan dalam memberikan kajian secara teori dan akademis.

"Bersama-sama perguruan tinggi, kita bisa saling melengkapi, karena saya yakin apa yang kita lakukan selama ini, tidak banyak teori yang bisa kita gunakan , tetapi kita lebih banyak langsung action melihat apa yang ada di lapangan" kata Suwirta usai menyaksikan Penandatanganan Naskah Kerjasama Operasional (KSO) Minggu 16 Mei 2021.

Baca Juga: Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika, Kasus Hukum Antigen Bekas Jalan Terus

Penandatanganan kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung dengan Prodi Magister Sains Pertanian, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa digelar di di TOSS Dawan, Klungkung.

Menurut Suwirta, di TOSS Center sebenarnya sudah ada koperasi dan prosedur memilah sampah dengan benar. Termasuk mengolah plastik sehingga memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga: 6 Korban Tewas Perahu Wisata Terbalik Ditemukan, Waduk Kedung Ombo Ditutup Sementara untuk Wisatawan

"Nanti juga ada unit usaha enterpreneur dan lain sebagainya, tentu tidak cukup sampai disana. Saya membuka ruang tempat ini bisa menjadi tempat edukasi," tegasnya.

Prodi Magister Sains Pertanian, Universitas Warmadewa sebagai mitra diharapkan terus melakukan pengembangan dan uji coba kompos produk TOSS pada berbagai varietas tanaman. Hasil uji coba yang dilakukan diharapkan dilaporkan sesuai dengan data lapangan.

Baca Juga: Manajemen Minta Maaf, Ancol Tutup Sementara Usai 28 Ribu Lebih Wisatawan Membludak di Libur Idul Fitri 2021

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x