Batalkan Vaksin Berbayar, Para Pengkritik Sampaikan Apresiasi kepada Presiden Jokowi

- 17 Juli 2021, 11:05 WIB
Presiden Jokowi menyiapkan bantuan obat dan vitamin sebanyak 600 paket untuk pasien Covid 19.
Presiden Jokowi menyiapkan bantuan obat dan vitamin sebanyak 600 paket untuk pasien Covid 19. /Tangkapan Layar Akun Instagram @erickthohir



INDOBALINEWS - Para tokoh nasional yang selama ini getol melancarkan kritik kepada Presiden Joko Widodo sikapnya berubah berbalik memberikan apresiasi setelah Jokowi mencabut izin vaksinasi berbayar.

Ekonom Rizal Ramli misalnya, dalam sebuah unggahan di Twitter menyampaikan pujian kepada Jokowi yang selama ini dikritik.

Melalui akun Twitter miliknya pada Sabtu, 17 Juli 2021 dengan mengunggah postingan milik Sekretariat Kabinet.

Baca Juga: Dihantui Penyakit Kanker, Mpok Atiek Menyesal Lakukan Operasi Plastik Demi Wajah Cantik

“Keputusan bagus (emoticon jempol),” Rizal Ramli dalam unggahannya.

Tidak hanya Rizal Ramli yang memberikan pujian namun publik figur lainnya yang memberikan komentar senada.

"Alhamdulillah suara rakyat didengarkan," ujar Fadli Zon melalui cuitan di Twitter.

Baca Juga: WHO: Vaksin Berbayar Menimbulkan Masalah Etika dan Akses Selama Pandemi

"Salut, Pak @jokowi.," Sudjiwo Tedjo menambahkan.

Sebelunnya, Presiden Jokowi telah mengambil keputusan untuk membatalkan vaksin Covid-19 berbayar bagi individu yang semula direncanakan akan disalurkan melalui Kimia Farma.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung pada menyampaikan sikap pemerintah itu pada Jumat, 16 Juli 2021 di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga: Pemerintah Tak Bisa Sendirian Hadapi Covid-19, Gde Sridana: Presiden Jokowi Sudah Mengibarkan Bendera Putih

Usai mendapatkan masukan dan juga respons dari masyarakat, Presiden telah memberikan arahan dengan tegas untuk vaksin berbayar yang rencananya disalurkan melalui Kimia Farma semuanya dibatalkan dan dicabut

Kata Pramono Anung, seluruh vaksinasi akan tetap menggunakan mekanisme seperti yang telah berjalan saat ini, yaitu gratis bagi seluruh masyarakat dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Setkab, Sabtu, 17 Juli 2021.

Seluruh vaksinasi akan tetap menggunakan mekanisme seperti yang telah berjalan saat ini, yaitu gratis bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga: Pemerintah Tak Bisa Sendirian Hadapi Covid-19, Gde Sridana: Presiden Jokowi Sudah Mengibarkan Bendera Putih“Semua vaksin tetap dengan mekanisme yang digratiskan seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden sebelumnya,” katanya.

Mekanisme untuk Vaksinasi Gotong Royong tetap dilakukan melalui perusahaan, yaitu perusahaan yang akan menanggung seluruh biaya vaksinasi bagi karyawannya.

Dengan demikian mekanisme untuk seluruh vaksin, baik itu yang gotong royong maupun yang sekarang mekanisme sudah berjalan digratiskan oleh pemerintah. ***( Mutia Yuantisya/ Pikiran-rakyat.com)
 
Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-rakyat.com berjudul:" Rizal Ramli Apresiasi Jokowi Batalkan Vaksinasi Berbayar"

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x