Pemerintah Harus Tetapkan Masa PPKM Terukur, Anggota DPR RI: Jangan Membuat Rakyat Galau

- 10 Agustus 2021, 11:27 WIB
Pemerintah harus berani menentukan masa pembatasan terukur, jangan membuat rakyat galau dengan kebijakan PPKM mingguan. Apalagi tingkat kematian di luar Jawa dan Bali masih cukup tinggi.
Pemerintah harus berani menentukan masa pembatasan terukur, jangan membuat rakyat galau dengan kebijakan PPKM mingguan. Apalagi tingkat kematian di luar Jawa dan Bali masih cukup tinggi. /Karawangpost/Tangkap Layar/@fakta.indo/Instagram

INDOBALINEWS - Pemerintah harus berani menentukan masa pembatasan terukur, jangan membuat rakyat galau dengan kebijakan PPKM mingguan.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani mengatakan hal tersebut pascaperpanjangan PPKM Level 2-4 di Pulau Jawa dan Bali hingga 16 Agustus 2021 mendatang.

“Penentuan kebijakan PPKM dalam masa satu minggu hanya membuat rakyat galau dan bingung karena  tidak tahu sampai kapan kondisi membaik.  Pemerintah seharusnya berani dan tegas menetapkan target waktu pengendalian pandemi hingga situasi membaik,” katanya, dikutip dari kanal DPR RI, Selasa 10 Agustus 2021.

Baca Juga: Lakukan Aksi Protes PPKM dengan Berbikini, Dinar Candy Jadi Tersangka Tindak Pidana Asusila

Kata dia pemerintah sebagai pengelola negara seharusnya mampu mengoptimalkan semua sumber daya di bawah otoritasnya untuk berani  menyebutkan kapan situasi membaik, sehingga dapat memberikan rasa aman dan harapan pada rakyat.

"Yakinkan masyarakat bahwa dengan strategi dan upaya yang dilakukan pemerintah, maka dalam waktu tiga  bulan ke depan, misalnya, kondisi akan membaik dan PPKM level 3-4 dapat dihentikan. Sebutkan dukungan apa yang diminta dari rakyat agar strategi pengendalian pandemi berhasil," ujarnya.

Ia menyebut seandainya pemerintah tidak mampu membangun rasa aman dan harapan pada rakyat akan membaiknya situasi, maka jangan salahkan rakyat jika PPKM diperpanjang namun rakyat malah abai dan tidak peduli.

“Mayoritas indikator kesehatan saat ini menunjukkan bahwa PPKM Level 3-4 belum optimal dalam mengendalikan kasus Covid-19 di berbagai daerah. Positivity rate serta angka  kematian masih konsisten di atas 1.000," kata politikus PKS ini.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Moctar Ngabalin: Presiden Jokowi Tidak Serampangan Ambil Keputusan

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x