Hafal 30 Juz Alquran, Santri Ini Diterima Tanpa Tes di Fakultas Kedokteran

- 25 Agustus 2021, 20:26 WIB
Ruhdiana, santri penghafal 30 juz Alquran diapit kedua orangtuanya.
Ruhdiana, santri penghafal 30 juz Alquran diapit kedua orangtuanya. /Kemenag

INDOBALINEWS – Seorang santri dari Dayah Insan Qurani Aceh Besar bernama Ruhdiana (19) diterima masuk Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui jalur undangan atau tanpa tes.

Ruhdiana yang hafal 30 juz Alquran ini mengaku mempelajari ilmu kedokteran merupakan cita-citanya sejak kecil agar dapat menambah kecintaannya terhadap Alquran.

"Harapannya, dengan mempelajari ilmu kedokteran ini, kecintaan saya terhadap Alquran semakin bertambah. Karena saya merasa ketika belajar kedokteran ini kita akan melihat indahnya tanda-tanda kekuasaan Allah yang difirmankan dalam Alquran. Jadi itu juga yang menjadi salah satu motivasi saya memilih keputusan kuliah di jurusan ini," katanya, dikutip dari laman Kemenag, Rabu 25 Agustus 2021.

Baca Juga: Hadapkan Alquran dan Pancasila, Guru Besar UIN: Pertanyaan TWK KPK Bersifat Pelecehan terhadap Agama

Ruhdiana mengatakan keberhasilan studi adalah salah satu keberkahan yang Allah berikan melalui Alquran.

“Tantangan yang saya rasakan dalam menghafal adalah rasa malas. Biasanya cara mengatasinya dengan melakukan hobi yang disenangi untuk mengatasi jenuh sementara waktu. Lalu kembali hafal Al-Qur'an," katanya.

"Pesan saya untuk generasi muda, khususnya santri yang sedang menghafal Alquran, jangan pernah tinggalkan Alquran sehari pun dan di mana pun. Jika tidak sanggup menghafal atau murajaah dalam satu hari tersebut, minimal tetaplah membaca Alquran. Karena dengan kita selalu bersama Alquran, Allah akan mudahkan jalan kita dan berkahi jalan kita," kata Ruhdiana.

Amrun Saleh, ayahanda Ruhdiana sangat bahagia atas apa yang teolah dicapai putrinya.

Baca Juga: Guru Besar Kedokteran dan Teknik Bertarung dalam Perebutan Calon Rektor Unud Periode 2021-2025

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x