Ini Langkah Persiapan Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

- 31 Oktober 2021, 19:55 WIB
Ilustrasi cuaca.
Ilustrasi cuaca. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

INDOBALINEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan imbauan untuk warga akan adanya potensi cuaca ekstrem yang bisa terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Dalam pernyataan resminya Minggu 31 Oktober 2021 Deputi Bidang Meteorologi
Guswanto pada saat akan memasuki musim hujan, diharapkan pihak-pihak terkait melakukan persiapan.

"Antara lain memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan," demikian Guswanto dalam pernyataan resmi BMKG.

Baca Juga: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan di 33 Wilayah Indonesia

Lebih lanjut dijelaskan, selain itu lakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon dengan tidak terkontrol.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah pangkas dahan dan ranting pohon yang rapuh, dan menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang. Serta  melakukan penghijauan secara lebih masif.

Baca Juga: Update Tenggelamnya KM Liberty 1: Tim SAR Hentikan Pencarian 7 Korban Hilang

Juga yang tak kalah penting adalah lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi.

Dan menggencarkan secara lebih masif sosialisasi, edukasi dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombanh tinggi).

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x