Kota Mataram Akan Punya TPST Moderen, Bantuan Pemerintah Pusat Senilai Rp18 M

- 14 Januari 2023, 09:05 WIB
Ilustrasi TPST modern
Ilustrasi TPST modern /Humas PT Reciki Sulusi Indonesia/Denpasar Update

INDOBALINEWS  -Kota Mataram NTB akan memiliki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) modern untuk mengurangi beban sampah ke Tempat Pembuangan Ahir (TPA) 

TPST moderen tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp18 miliar.

TPST tersebut akan dibangun di Kecamatan Sandubaya seluas 5.300 meter persegi, tepatnya di belakang Gelanggang Olah Raga (GOR) Turide.

Baca Juga: Program NCP Pengelolaan Sampah dan Energi Baru Terbarukan Dorong Pemikiran Baru dan Kreatif

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Jumat, mengatakan pembangunan TPST akan dilakukan langsung oleh pemerintah pusat sehingga Kota Mataram akan terima barang jadi.

"Pembangunan TPST akan dilakukan pemerintah pusat termasuk kegiatan tender, kita menyiapkan lahan. Prosesnya sama seperti pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa), setelah jadi baru diserahterimakan," katanya.

Baca Juga: Perlu Kolaborasi Kelola Sampah Laut Dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan

Rencana pembangunan TPST tersebut saat ini dalam tahap revisi desain untuk menyesuaikan dengan masukan dari Kementerian Lingkungan Hidup, seperti tata letak bangunan, kebutuhan mesin disesuaikan dengan ruang yang ada dan beberapa poin lainnya.

"Setelah desain final, barulah dilakukan tender dan pembangunan fisik. Untuk pembangunan ditargetkan selama enam bulan," katanya.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x