Indonesia Eksportir Produk Kakao Olahan Terbesar ke-3 Dunia

- 16 September 2023, 16:12 WIB
Sesi pameran acara The 8th Indonesian International Cocoa Conference dan Dinner 2023 di Nusa Dua Bali
Sesi pameran acara The 8th Indonesian International Cocoa Conference dan Dinner 2023 di Nusa Dua Bali /Saifullah/ IndoBaliNews

INDOBALINEWS  - Indonesia merupakan eksportir produk kakao olahan terbesar ke-3 di dunia dan berkontribusi pada pasar global sebesar 9,17 persen. 

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan peluang pengembangan industri olahan kakao masih terbuka luas, terutama di sisi hilir. Saat ini Indonesia masih mengimpor produk hilir olahan kakao sehingga produksinya masih perlu dipacu untuk mengurangi impor. 

Baca Juga: Satu Dekade Cargill di Indonesia: Kolaborasi dan Komitmen Mempercepat Pertanian Kakao Berkelanjutan

"Industri kakao olahan Indonesia memainkan peran penting di rantai pasok global serta merupakan salah satu kontributor bagi perekonomian nasional dan penerimaan devisa negara, dengan nilai ekspor produk kakao olahan lebih dari 1 miliar dolar AS per tahun ke pasar-pasar utama seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, India dan Tiongkok," kata Putu. 

Acara the 8th Indonesian International Cocoa Conference dan Dinner 2023 di Bali
Acara the 8th Indonesian International Cocoa Conference dan Dinner 2023 di Bali Saifullah IndoBaliNews

Untuk mendorong pengembangan industri kakao dan cokelat di Indonesia, khususnya di sisi hilir, Kemenperin menggulirkan program Cokelat Artisan dan Craft Cokelat Indonesia untuk Dunia sebagai salah satu program prioritas di masa depan. 

"Kami telah mengembangkan program-program utama mulai dari fasilitasi kewirausahaan, dukungan R&D dan inovasi, implementasi industri 4.0, serta yang paling penting, yakni promosi internasional dan branding dalam rangka memperkuat dan memajukan pertumbuhan cokelat artisan Indonesia," imbuh Putu. 

Baca Juga: Permintaan Biji Kakao Denpasar Meningkat Di Pasar Internasional

Dengan inovasi dan penerapan teknologi, terdapat 31 produsen cokelat artisan Indonesia yang mengekplorasi 600 jenis profil rasa cokelat khas Indonesia yang berbeda dan unik. Para artisan mengolah kakao menjadi produk cokelat secara bean-to-bar dengan kapasitas 1.242 ton per tahun. 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x