IKN Diyakini Bisa Menjadi Pusat Pertumbuhan Investasi dan Berkontribusi Bagi Kesejahteraan Warga Lokal

- 19 Desember 2023, 18:25 WIB
Diskusi bertemakan “Masa Depan Investasi Kaltim Pasca IKN” di Caffe & Co Caffe, Minggu 17 Desember 2023.
Diskusi bertemakan “Masa Depan Investasi Kaltim Pasca IKN” di Caffe & Co Caffe, Minggu 17 Desember 2023. /Dok Lusi

INDOBALINEWS - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dinilai akan berdampak besar bagi akselerasi perekonomian nasional. Proyek IKN diproyeksikan akan menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi baru dengan melibatkan pelaku usaha dan pekerja lokal serta peningkatan investasi masif di Indonesia.

Hal itu dikatakan oleh Staf Khusus Menteri Investasi/BKPM, M.Pradana Indraputra dan menambahkan bahwa IKN akan menjadi pusat pertumbuhan investasi.

“Saya sangat yakin pembangunan IKN ini akan memberikan peluang investasi yang besar, serta dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat lokal,” jelasnya ketika menghadiri 

Baca Juga: Pemilu 2024: Punya Hak Suara, 4.955 ODGJ di Bali Boleh Nyoblos, Ini Syaratnya

Pembangunan infrastruktur pendukung IKN yang masif diharapkan dapat menciptakan rantai pasok (supply chain) baru yang melibatkan pelaku usaha lokal Kalimantan.

"Ini juga berpotensi mendorong daya serap tenaga kerja lokal yang memiliki kompetensi dan produktivitas tinggi di berbagai klaster industri tersebut. Sehingga peran para pelaku usaha dan pekerja lokal dalam pertumbuhan ekonomi di IKN sangat penting,” ujar Dana dalam pernyataan resminya.

Lebih lanjut dengan pembangunan infrastruktur seperti kesehatan, pendidikan, olahraga, dan pariwisata dipastikan akan mendorong minat investor dalam dan luar negeri untuk masuk ke sektor-sektor unggulan tersebut.

Baca Juga: Cara Bikin Serum Vitamin C Sendiri, Cobain Kalo Lagi 'Gabut' Siapa Tahu Cocok!

“ini bisa menjadi pondasi agar investasi meningkat, karena jika infrastruktur tersebut dibangun dengan skala internasional pasti investor asing tertarik, namun kali ini kita tetap utamakan investor dalam negeri dulu,” ucap Dana yang juga merupakan Ketua Millennial and Business Center ILUNI UI.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x