Presiden Jokowi: Persoalan WNI Berobat ke Luar Negeri Harus Dicari Solusinya

- 24 April 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi dokter di Indonesia. Presiden Jokowi menyoroti masih banyaknya WNI yang memilih berobat ke luar negeri dalam rakernas kesehatannasional di Jakarta Rabu 24 April 2024.
Ilustrasi dokter di Indonesia. Presiden Jokowi menyoroti masih banyaknya WNI yang memilih berobat ke luar negeri dalam rakernas kesehatannasional di Jakarta Rabu 24 April 2024. /Dok Abiyyu

 

INDOBALINEWS - Presiden Jokowi memberi atensi besar atas persoalan kesehatan yang hingga hari ini masih menjadi momok yaitu masih banyaknya warga negara Indonesia (WNI) yang lebih memilih berobat ke luar negeri.

Menurut Presiden, penyebab dari keadaan itu perlu disikapi dan setiap persoalan yang menjadi kendala perlu segera diselesaikan.

"Karena warga kita tidak mau berobat di dalam negeri dan pasti ada sebabnya, kenapa nggak mau berobat di dalam negeri ini? Persoalannya harus diselesaikan," ujar Presiden Jokow pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, Rabu 24 April 2024.

Baca Juga: Hadiri Penetapan Capres Cawapres Terpilih di KPU, Prabowo: Bekerja Sama untuk Rakyat demi Indonesia

Presiden Jokowi menengarai persoalan itu turut dipengaruhi oleh kemampuan produksi bahan baku farmasi secara mandiri di Tanah Air yang hingga kini masih perlu ditingkatkan.

"90 bahan produksi farmasi itu masih impor, kemudian 52 persen alat kesehatan kita juga masih didominasi impor. Nggak apa-apa yang saya sampaikan tadi mungkin belum, tapi urusan misalnya hal kecil-kecil seperti jarum, ranjang tidur, alat infus, selang, ya jangan, harus bisa produksi sendiri," katanya dilansir dari Antara.

Baca Juga: Keren! 2 Pelajar Indonesia Sabet Medali Emas KompetisMatematika dan Inggris di Australia, Singkirkan 11 Negara

Dalam kesempatan itu Jokowi juga menyoroti kerugian negara mencapai Rp180 triliun karena Warga Negara Indonesia (WNI) yang lebih memilih berobat ke luar negeri.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x