Pemandu Wisata Buatan Ecopark Diberi Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi

- 22 Oktober 2021, 08:35 WIB
Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar menggelar kegiatan pelatihan pemandu wisata buatan ecopark, Kamis 21 Oktober 2021.
Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar menggelar kegiatan pelatihan pemandu wisata buatan ecopark, Kamis 21 Oktober 2021. /Dok Humas Pemkot Denpasar Bali

INDOBALINEWS - Guna meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu wisata buatan ecopark agar dapat memenuhi standar kompetensi kerja nasional indonesia (SKKNI) bidang kepemanduan wisata buatan ecopark, Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar menggelar kegiatan pelatihan pemandu wisata buatan ecopark, Kamis 21 Oktober 2021.

Menurut Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani, kegiatan yang bertempat di Four Star by Trans Hotel Denpasar ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pariwisata, khususnya di Denpasar.

"Terlebih dalam waktu dekat ini, Bali diwacanakan untuk dibuka kembali untuk menerima kunjungan wisatawan mancanegara, melalui program green zone," ujar Dezire dalam pernyataan resminya Kamis 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Ubud Village Jazz Festival Kembali Digelar tahun 2021 secara Hybrid di Arma Museum

Ia juga menyambut baik diselenggarakannya pelatihan yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sehingga menjadi pemandu wisata yang profesional.  Sehingga dapat tercipta pariwisata yang berkualitas serta dapat mengembangkan dan menularkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini di daerahnya masing-masing.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan kegiatan di masa pandemi ini tentu tidak sama dengan keadaan normal. Karenanya kepada para peserta khususnya diminta untuk tetap mentaati protokol kesehatan sehingga pandemi covid 19 dapat terkendali. Dengan demikian, wisatawan tidak merasa khawatir untuk menikmati aktivitas berwisatanya.

Baca Juga: Meski Pandemi, Bali Masih jadi Pasar Menjanjikan untuk Industri Otomotif

Seperti diketahui bahwa dasar pengembangan pariwisata adalah trust atau kepercayaan lebih-lebih di masa sekarang ini, dimana semua daerah tujuan wisata di seluruh dunia berlomba-lomba ingin membuka gerbangnya.

Maka kita perlu menyiapkan berbagai aspek untuk dapat memenangkan persaingan yang semakin kompetitif. Salah satunya adalah penyiapan sumber daya manusia pariwisata yang berkualitas sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan pasar.

Baca Juga: Umroh Dibuka Lagi bagi Jemaah Indonesia, Pahami Persiapan yang Harus Dilakukan

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Wayan Hendaryana, mengatakan adapun peserta kegiatan pelatihan sebanyak 50 (lima puluh) orang berasal dari pekerja pada daerah tujuan wisata Kota Denpasar, desa wisata dan masyarakat umum di kota denpasar dan sekitarnya.

Waktu pelatihan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 21 sampai dengan 23 oktober 2021, dibagi atas 2 hari teori praktek di ruangan dan hari ketiga praktek dan diskusi kelompok bertempat di DTW Tukad Bindu, Denpasar. Dengan narasumber pelatihan ini berasal dari Asosiasi Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI Bali) dan narasumber lain yang berpengalaman mengelola serta memandu wisata ecopark.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x