Konsumsi Timun Rebus, Manfaatnya Sungguh Tak Terduga!

- 12 Desember 2020, 20:17 WIB
Manfaat mentimun yang tak terduga begiet baiknya untuk kesehatan tubuh
Manfaat mentimun yang tak terduga begiet baiknya untuk kesehatan tubuh /instagram@rebahansehat

INDOBALINEWS - Di Indonesia tanaman mentimun tersebar hampir diseluruh wilayah dan umumnya ditanam di dataran rendah sampai menengah dengan ketinggian sekitar 200  sampai  800 m dpl, dan  pertumbuhan optimal dapat dicapai pada lahan dengan ketinggian 400 m dari permukaan laut. 

Timun atau mentimun merupakan tanaman yang menghasilkan buah dan dapat dimakan, buah mentimun biasanya dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi untuk dijadikan sayuran, penyegar, atau asinan tergantung jenisnya. 

Dengan nama latin Cucumis sativus L. dan  masih  tergolong dengan   family labu-labuan atau Cucurbitaceae, buah timun juga digunakan sebagai bahan baku untuk industri farmasi dan kosmetik.

Baca Juga: Ingin Liburan Naik Pesawat Aman dan Lancar? Siapkan Lima Hal Ini

Dalam dunia obat herbal tradisional, manfaat timun sudah tidak diragukan lagi, timun  dapat membantu mengendalikan tekanan darah akibat hipertensi ataupun hipotensi.

Selain itu, timun juga digunakan secara topikal untuk mendinginkan kulit yang sedang iritasi karena bersifat anti radang dan biji timun juga mungkin memiliki properti anthelmintic.

Baca Juga: Bakso Volcano Mendadak Viral Hasil Usaha Banting Setir Akibat Covid-19

Timun biasanya dijadikan lalapan makanan seperti ayam panggang, ikan bakar dan lain-lain,  ternyata timun ini mengandung manfaat yang luar bisa untuk kesehatan, terutama mentimun yang direbus terlebih dahulu.

Kebanyakan masyarakat biasanya mengkonsumsi timun dimakan sebagai lalapan, namun ternyata mengkonsumsi timun dengan direbus mempunyai manfaat yang terduga bagi tubuh berikut manfaat mengkonsumsi timun rebus:

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: Instagram jogjaprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x