Ini Waktu Tepat Untuk Tes Swab

- 24 Juni 2021, 10:01 WIB
Ilustrasi Tes Swab.
Ilustrasi Tes Swab. /Andra Adyatama/Portal Majalengka

 

INDOBALINEWS - Kasus penambahan pasien positif covid-19 di beberapa derah belakangan melonjak, tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Tak ada yang ingin sakit termasuk terpapar covid-19.

Namun, jika akhirnya kita terpapar juga, bukan berarti semua jadi kacau balau. Upayakan untuk tidak panik dan jaga diri agar tidak menularkan ke orag terdekat dan lingkungan.

Kita juga perlu menjalani beberapa kali tes untuk mengetahui apakah virus dalam tubuh kita sudah hilang atau belum. Sejumlah tes termasuk tes swab ini wajib dijalani untuk mendeteksi apakah masih terpapar Covid-19.

Baca Juga: Pelaku Pariwisata Bali Bantah Kabar WFB Berkontribusi Pada Kenaikan Kasus Covid-19

Tes dimaksud bisa berupa tes PCR atas tes swab Antigen, Lantas kapan kira-kira waktu yang tepat untuk melakukan Tes Swab?

Dari laman covid19.go.id, dikatakan di luar itu semua, disiplin untuk menjalani isolasi merupakan hal yang tidak kalah penting.

Jalankan isolasi dengan tertib dan hindari kontak dengan siapa pun untuk menghindari munculnya kontak erat dan menambah suspek dan kasus aktif. "Jika melakukan tes swab PCR, lakukan 8 hari setelah terpapar atau 3-5 hari setelah muncul gejala," demikian yang disarankan dalam laman itu.

Baca Juga: Hari Musik Dunia: 30 Miliar Dolar Lenyap Akibat Pembatalan Konser Selama Pandemi 2020

Beda lagi dengan tes swab Antigen yang baiknya dilakukan 5 hari setelah terpapar atau 1-5 hari setelah muncul gejala. Jika tidak bergejala, maka perkiraan waktu tes swab dihitung dari kapan waktu terpapar.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x